Kejari Ponorogo Hentikan Penyidikan Kasus Disperta dan Humas

Iwan Winarso, Kasintel Kejari Ponorogo
Iwan Winarso, Kasintel Kejari Ponorogo
KANALINDONESIA.COM: Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo mengeluarkan statemen resmi terkait penghentian penyidikan kasus pengadaan bibit hutan di Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo dan dugaan kasus korupsi di Humas Pemkab Ponorogo.

Dalam dugaan kasus korupsi di Dinas Pertanian sempat menyeret 3 orang dan ditetapkan sebagai tersangka, yaitu Kepala Dinas Pertanian Harmanto, Bambang Kabid Perkebunan dan Joko dari CV KIM sebagai rekanan untuk proyek pengadaan bibit hutan tahun 2013 senilai 1,8 miliar.

Untuk kasus dugaan korupsi di Bagian Humas Pemkab Ponorogo, penyidik Kejari telah menetapkan dua orang tersangka yaitu Kabag Humas Didik Setyawan dan Kasubag Humas Pemkab, marem.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo, Suwandi melalui Kasintel Iwan Winarso mengakui bahwa tim penyidik kejaksaan telah mengeluarkan surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3 ) untuk dugaan kasus korupsi proyek pengadaan bibit hutan tahun 2013 senilai Rp 1,8 miliar di Dinas Pertanian. Karena setelah tim penyidik melakukan pengkajian kembali, kasus tersebut tidak masuk tindak pidana, melainkan administrasi.

Setelah di feadback kasus tersebut dianggap tidak cukup bukti untuk ditingkatkan ke penuntutan.

Iwan Winarso menjelaskan,”kejaksaan harus gentle dengan memberikan status yang jelas atas suatu kasus. Agar tidak menggantung, maka dilakukan penghentian kasus (SP3). Namun jika nanti ditemukan bukti baru maka kasus ini bisa di buka kembali,”terangnya. (wad)