Home / Ekbis / Nasional / News / Peristiwa / Travel / Wisata

Jumat, 7 Januari 2022 - 10:07 WIB

Rakornas ASITA 2022 Fokus Bangkit Usaha Melalui Digitalisasi

Editor - rudi

BANDUNG, KANALINDONESIA.COM: Association of The Indonesia Tour and Travel Agencies (ASITA) atau Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia menggelar rapat koordinasi nasional (Rakornas) tahun 2022 dan sekaligus merayakan hari jadinya ke-51 tanggal 6-7 Januari 2022 di Bandung, Jawa Barat.

Rakornas ini mengusung tema “Dengan Rakornas Kita Wujudkan Daya Saing Yang Kuat dan Tangguh dalam Menghadapi Persaingan Digital”.

Ketua Umum DPP ASITA Artha Hanif mengatakan, Covid-19 memporak-porandakan perekonomian di Indonesia dan pariwisata merupakan sektor menempati rangking pertama yang terkena dampak pandemi ini.

Selain itu, persaingan saat ini terkait digitalisasi dan era disrupsi yang kemudian menjadi fokus ASITA untuk bangkit melalui usaha digitaliasi

“Kita yang biro perjalanan wisata (BPW) ini harus berpikir, jangan lengah dan jangan tidak peduli karena eranya sudah berubah. Jadi ayo kawan-kawan secara bersama-sama kita pikirkan pada persaingan digital ini,”ujar Artha Hanif di Asmila Boutique Hotel, Bandung, Kamis malam (6/1/2022).

Baca Juga  Kemkominfo: Selain Blacklist Ada Whitelist dalam Penanganan Konten di Internet

Ia mengungkapkan, melalui Rakornas ini ASITA akan memiliki sikap bersama secara organisasi khususnya pariwisata secara formulasi untuk bisa menjalankan usaha-usaha bersama. Untuk Rakornas ini juga dihadiri oleh 13 DPD dari seluruh Indonesia baik dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua ataupun sekretaris.

“Kami meminta tiap-tiap daerah memiliki paket-paket unggulan, mulai dari Sumatera hingga Indonesia Timur. Nah paket unggulan ini akan kami satukan di marketplace. Kita juga bersepakat akan melakukan satu konsorsium, satu marketplace sesuai dengan era digital saat ini, kami juga targetkan punya satu portal,” ungkap Artha Hanif.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui videonya mengucapkan selamat dan apresiasi atas Rakornas ASITA 2022 dan HUT ASITA ke-51.

Sementara itu, melalui videonya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas Rakornas dan HUT ASITA ke-51.

Baca Juga  Bukti TNI Tetap Solid, Tim Medis KRI SHS-990 Berhasil Selamatkan Nyawa 3 Prajurit TNI AD yang Tertembak

“Kami berharap di usia yang setengah abad ini ASITA terus memberikan kontribusi dan melibatkan diri dalam membangun masyarakat, mewujudkan Indonesia sejahtera melalui promosi marketing dari potensi-potensi wisata di Indonesia khususnya di Jabar,” ucap Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Dia juga berharap melalui Rakornas ASITA, bisa menghasilkan visi misi baru yang bisa menjadi acuan dalam mengembangkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Sukses buat penyelenggaraan Rakornas ini, dan mudah-mudahan menghasilkan visi misi baru yang relevan dan adaptif terhadap perkembangan terhadap perkembangan ekonomi pariwisata di Indonesia,” pungkas Gubernur Jawa Barat Ridwan. @Rudi

Share :

Baca Juga

Kasau Bersama Menhub RI Tinjau Serbuan Vaksinasi

Peristiwa

Ciptakan Kekebalan Komunal, Kasau Bersama Menhub RI Tinjau Serbuan Vaksinasi di PPI Curug

Birokrasi

Apresiasi Kinerja Hakim se-Indonesia, Komisi III DPR Rencana Akan Memberi Tunjangan Kesehatan

Health

Jelang PON XX, BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 Siap Berangkatkan 123 Relawan Prokes

Daerah

SiCepat Ekspres Tanam 1.700 Bibit Pohon di Lahan Kritis Cikande Bandung

Demokrasi

Presiden Jokowi Lantik 17 Duta Besar RI untuk Negara Sahabat

Nasional

Pembelajaran Bali: Dimensi Sosial dan Kebijakan Penanganan Pandemi Covid-19

Nasional

Surat Edaran PWI Pusat di Masa Pendemi PPKM Darurat

Nasional

Tahun 2024, Presiden Tegaskan Komitmen Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Syariah