Menu

Mode Gelap
Saksi Kunci Sebut BBM Hasil Penggelapan Dijual ke PT Bahana Line Kepergok Selingkuh, Ribut Winarko Cekik dan Tusuk Istri 8 Kali Tukang Las Asal Sidoarjo Dituntut Jaksa Hukuman Mati Sidang Mafia BBM Laut, Jaksa Cecar Direksi PT Bahana Line Soal Keluar Masuk Uang Perusahaan Jaksa Tuntut Mantan Panpel Arema FC Abdul Haris 6 Tahun 8 Bulan Kasus Tragedi Kanjuruhan Malang

Kanal Jogja · 18 Des 2022 11:28 WIB

212 Buruh Pabrik Rokok di Yogyakarta Terima BLT DBHCHT


 212 Buruh Pabrik Rokok di Yogyakarta Terima BLT DBHCHT Perbesar

YOGYAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Sejumlah 212 karyawan PT. Taru Martani menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2022. Secara simbolis, penyerahan dilakukan oleh Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi di Taru Martani Yogyakarta, Jumat(16/12/2022) lalu

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Maryustion Tonang mengatakan, PT Taru Martani

Yogyakarta merupakan satu-satunya pabrik tembakau di Kota Yogyakarta.
Dalam pemberian BLT DBHCHT, PT.Taru Martani Yogyakarta ini merupakan tahun kedua pemberian bantuan sosial kepada buruh pabrik tembakau PT.Taru Martani, dimana sebanyak 212 orang nantinya akan menerima Rp 1.200.000, sehingga total yang diberikan sejumlah Rp 254 juta.

Pihaknya berharap, dana yang diberikan dapat meningkatkan kualitas bahan baku, pembinaan industri, pembinaan lingkungan sosial, sosialisasi ketentuan dibidang cukai serta pemberantasan barang kena cukai ilegal.

“Kita bekerjasama dengan Bank Jogja dalam penyaluran dana BLT bagi 212 orang pekerja di PT.Taru Martani Yogyakarta. Harapannya, semua pekerja terbagi rata dalam penerimaan BLT tahun 2022 dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya saat sambutan.

Penggunaan BLT DBHCHT di Kota Yogyakarta selaras dalam Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 77 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pemberian bantuan Langsung Tunai Dana bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau.
Selanjutnya, Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi mengungkapkan, anggaran DBHCHT dibagi ke beberapa bidang antara lain 50 persen diberikan untuk bidang kesejahteraan masyarakat, 25 persen untuk bidang penegakan hukum, dan 25 persen untuk bidang kesehatan.

“Dari penganggaran sebesar 50 persen di bidang kesejahteraan masyarakat tersebut masih dibagi lagi untuk alokasi lainnya yakni 20 persen untuk kegiatan peningkatan keterampilan kerja dan 30 persen untuk kegiatan pemberian bantuan langsung tunai bagi buruh pabrik rokok dan petani tembakau,” jelasnya.

Ia berharap, PT Taru Martani Yogyakarta terus memberikan kualitas yang terbaik, sehingga banyak wisatawan tertarik untuk datang ke Kota Yogyakarta. Terlebih PT Taru Martani sudah berusia ratusan tahun sejak 1918 didirikan.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Taru Martani Yogyakarta Nur Achmad Affandi mengungkapkan, terimakasih untuk kedua kalinya diberikan BLT DBHCHT, ini merupakan bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan buruh karyawan.

“Terimakasih pemberian BLT ke 212 orang karyawan kami. Harapannya pemberian ini sebagai pendorong karyawan lebih baik lagi dan tertib dalam melakukan setoran cukai di Kota Yogyakarta,” ujarnya.

Setidaknya per tahun PT Taru Martani Yogyakarta memproduksi sebanyak 256 ton tembakau kering. Hal ini meningkat pesat hingga 340 persen dibandingkan empat tahun lalu yang hanya mencapai 58 ton.

“Hingga saat ini kita pasarkan sampai ke luar negeri seperti di Eropa, Jerman, Swiss, Belanda dan Amerika. Untuk Asia ada di Jepang dan Thailand dan sebagian juga kita pasarkan lokal, hanya saja kelasnya berbeda,” katanya.

sumber: jogjakota.go.id

Artikel ini telah dibaca 72 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tinjau Pasar Beringharjo, Ibu Iriana dan Ibu Wury Dukung Produk UMKM Lokal

31 Januari 2023 - 16:00 WIB

Kunjungan Kerja Perdana Ibu Iriana dan Anggota OASE KIM di Tahun 2023

31 Januari 2023 - 15:51 WIB

Nikmati Sabtu Malam, Presiden Jokowi Bersama Keluarga Naik Andong di Malioboro

8 Januari 2023 - 20:07 WIB

Layanan TIS Siap Berikan Alternatif Wisata Libur Tahun Baru di Yogyakarta

30 Desember 2022 - 19:38 WIB

foto: jogjakota.go.id

Studi Literatur Penyusunan Dokumen Pelatihan Kesiapsiagaan

22 Desember 2022 - 14:30 WIB

BNPB Sosialisasikan IDRIP Kesiapsiagaan dan Resiliensi Masyarakat

17 Desember 2022 - 06:58 WIB

Trending di Kanal Jogja