PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Usai kunjungan dan dialog dengan anggota Karang Taruna Bunga Putra Bangsa, Desa Gupolo, Mensos Tri Rismaharini menuju Pendopo Kabupaten Ponorogo untuk memberikan bimbingan teknis kepada Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Ponorogo, Senin(14/06/2021).

Bimbingan teknis Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dilaksanakan di Pringgitan rumah dinas bupati, Jalan Aloon-aloon Utara Ponorogo.

Dalam sambutanya Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyampaikan, kondisi sosial masyarakat Ponorogo yang cukup dinamis sehingga perlu pendampingan khususnya masyarakat yang masih dalam taraf menengah ke bawah.

“TKSK mempunyai tugas membantu penyelenggaraan peningkatan kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan. Sementara itu Ponorogo mempunyai kampung yang berkekurangan yang selama ini lebih dikenal dengan Kampung idiot yang berada di Kecamatan Balong, Kecamatan Badegan dan Kecamatan Jambon. Selain itu di Ponorogo juga ditemui masyarakat yang ODGJ, dimana kami mempunyai target untuk mengubah dan memutus keadaan tersebut,”ucap Bupati Sugiri.

Sementara itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini dalan arahanya menyampaikan,” Ponorogo mempunyai wilayah yang cukup luas sehingga membutuhkan TKSK untuk membantu menyelesaikan permasalahan sosial, dan apabila menemukan masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan namun belum menerimanya agar segera memberikan informasi,”tuturnya.

Mensos menghimbau agar evaluasi dan validasi penerima bantuan pemerintah terus dilakukan sehingga dapat tepat sasaran.

“Kita harus berkomitmen agar hidup ini dapat bermanfaat untuk membantu orang lain,”tegasnya.

Selain memberikan pengarahan kepada TKSK, Mensos juga menyerahkan Blbantuan atensi dari Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso Cimahi berupa 1 unit Printer Braille Portabel senilai Rp. 80.000.000,- untuk penyandang disabilitas kepada Yayasan Tuna Netra Aisyiyah Ponorogo.

“Saya merasa senang bisa memberikan bantuan printer braille untuk membantu masyarakat tuna netra yang ada di Kab. Ponorogo. Semoga ini nanti bisa dimanfaatkan secara maksimal,”pungkasnya.

Mensos juga menyempatkan untuk melakukan dialog bersama anggota Komisi VII DPR RI Ina Ammania yang kebetulan juga bersamaan waktunya dalam kunjungan kerja di Ponorogo.

Ina Ammania menyampaikan,” sebagai anggota DPR RI salah satunya memiliki tugas pengawasan terhadap program kegiatan pemerintah dalam hal ini Kemensos yang dinilai cukup berhasil. Kepada TKSK kami berpesan agar melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan,”terangnya.

Usai melakukan serangkaian acar, Mensos Tri Rismaharini melanjutkan peninjauan ke kolam udang air tawar yang berada di halaman belakang Pringgitan Pemkab Ponorogo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here