50 Personil Tim Joker Mulai Beroperasi Untuk Urai Kemacetan di Jombang

tim Joker Satlantas Polres Jombang saat urai kemacetan di salah satu titik rawan macet.(doel)

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Tim Joker Satlantas Polres Jombang diterjunkan untuk mengurai kemacetan disejumlah titik. Tim yang mulai beroperasi di sejumlah titik yang dipersiapkan selama arus mudik lebaran 2017 ini sudah mulai nampak menjalankan tugasnya.

Sementara itu Kasatlantas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Perdana pada kanalindonesia.com, pihaknya menjelaskan bahwa, Joker  merupakan tim khusus yang diterjunkan mengatasi kepadatan arus mudik serta arus balik. Dalam tim Joker diperkuat sebanyak 50 personel yang terbagi dalam 10 grup dan disebar disejumlah titik rawan macet.

“Petugas itu disebar di sejumlah titik yang selama ini diprediksi mengalami kepadatan. Diantaranya di Kecamatan Mojoagung, pintu keluar tol bandar serta di Jembatan Ploso,” ujarnya.(23/06/2017)

Baca:  Mudik Motor Padati Suramadu

Masih menurut penjelasan Inggal, dalam mengurai kemacetan tim joker dapat melakukan rekayasa lalulintas mulai dari pengalihan arus ke jalur alternatif hingga melakukan upaya contra flow sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

“Upaya yang dilakukan oleh tim joker tentunya berkoordinasi dengan personil lain yang ditugaskan dilapangan,” tegasnya.

Lanjut Inggal, dalam satu hari ada 8 tim Joker yang bertugas, dan dua tim lain sebagai cadangan. Hal ini dilakukan guna menjaga stamina tim saat bertugas.”Agar tidak kelelahan mengingat tim ini akan bertugas penuh mulai dari H-7 hingga H +7 lebaran, untuk itu digunakan sistem roling dalam bertugas,” pungkasnya.

Dari pantauan kanalindonesia.com, sejumlah titik rawan kemacetan di Jombang, bisa teratasi dengan adanya pengoperasian jalur Tol. Dan sejak beroperasi tim Joker beberapa titik macet juga nampak longgar, karena adanya sejumlah rekayasa arus lalu lintas yang dilakukan tim Joker saat di lapangan.

Baca:  Aksi Nyata Diaspora Muda Lamongan Bersama ACT dan PPI di Tengah Pandemi Covid-19

Sementara itu Farid (53) seorang pemudik asal Surabaya dengan tujuan Madiun, saat ditemui kanalindonesia.com, pihaknya mengaku bahwa arus mudik kali ini agak sedikit lengang.” Ya mudik tahun ini sedikit longgar mas arusnya, mungkin karena dibukanya jalur Tol, dan juga adanya kesigapan dari bapak-bapak Polisi, yang mengatur lalu lintas, sehingga tidak begitu macet,” tukasnya.(elo)