Tri Rismaharini : PNS Antar Anak Sekolah Tak Masalah

siswa sekolah dasar hari pertama masuk sekolah
siswa sekolah dasar hari pertama masuk sekolah

KANALINDONESIA.COM ; Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tak mempersoalkan PNS Pemkot Surabaya untuk mengantar putra-putrinya di hari pertama sekolah, Senin (18/07/2016).

Hal ini disampaikan Risma terkait surat edaran Mendiknas nomor 4 tahun 2016 tentang hari pertama sekolah.

”Lho itu tidak masalah, kalau anak kita di Suarabaya masuknya jam 06.30 wib, sedangkan PNS masuknya jam 07.30 WIB. Jadi tidak perlu dipermasalahkan lagi, justru mereka bisa lebih pagi masuk ke kantornya,” tegas Rismaharini.

Namun demikian Risma memberikan catatan orangtua hanya boleh mengantar sampai di depan pintu gerbang sekolah.

Berbeda dengan yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan yang menyarankan orangtua tidak hanya mengantar sampai depan pintu gerbang, tapi juga ikut melakukan interaksi dengan guru di sekolah.

Mantan kepala DKP Surabaya ini menilai, hal itu akan mempengaruhi anak untuk tidak bisa mandiri dan masih bergantung kepada orangtuanya. Sebab, bila anak sudah berada di lingkungan sekolah, maka yang menjadi tanggung jawab kedua adalah pihak sekolah.

“Kalau anak sudah masuk sekolah adalah kewenangan guru. Kalau orangtua ikut masuk justru anaknya tidak mandiri, kalau hanya mengantar sampai depan tidak apa-apa,”terang Risma.

Risma mengaku telah membuat program khusus di sela sela Masa Orientasi Siswa (MOS) untuk para orangtua.

“Di hari itu, orangtua datang melakukan pertemuan, kemudian ada psikolog, guru, wali kelas dan kepala sekolah. Seperti kelas khusus orangtua untuk saling berinteraksi dan tidak akan mengganggu para siswa sehingga terbentuk komunikasi,” pungkasnya.

(ari)