Persela Siapkan Pemain Senior Lawan Semen Padang

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN: Jelang pertandingan Semen Padang saat menjamu Persela Lamongan di Stadion Agus Salim, Senin sore (03/07/17), akan menjadi partai pembuka pekan ke-12 Liga 1 pasca libur lebaran. Di laga ini sekaligus menjadi awal diberlakukannya penangguhan regulasi pemain U-23, atas dasar dari beberapa pertimbangan dari PSSI.

Selain bebas menurunkan seluruh pemain yang didaftar, dampak penangguhan regulasi U-23 lainnya adalah pemain cadangan sebanyak 7 orang dan pergantian pemain hanya 3 kali.

Lalu, skuad Persela away ke markas Semen Padang hanya berkekuatan 18 orang pemain. Itupun pelatih Heri Kiswanto menyiapkan skuad dengan memproritaskan pemain senior.

”Hasil diskusi, kami hanya bawa satu pemain muda. Bukan berarti mereka (yang tidak dibawa) tidak bagus, tapi sesuai kebutuhan. Apalagi jumlah pemain yang dibawa hanya 18 orang, tidak lagi 20 orang,” ujar Ragil Sudirman, asisten pelatih Persela.

Pemain muda berstatus U-23 yang dimaksud yaitu Fahmi Al Ayyubi. Sementara Saddil Ramdani dan Nur Hardianto, bergabung dengan skuad Timnas Indonesia U-22 di Bali.

”Keduanya dari dulu sering absen. Kami dan menejemen tidak terlalu memikirkan. Saya juga lihat permainan Saddil (Ramdani) berubah selama di Timnas. Karakter membongkar dari sisi sayapnya hilang, ke tengah terus cara mainnya. Karena persepsi latihan saya dan Luis Milla pasti berbeda,” kata pelatih Persela, Heri Kiswanto.

Seperti diketahui, berdasarkan surat PSSI tanggal 28 Juni 2017 nomor 1601/UDN/916/VI-2017 perihal implementasi U-23 di Liga 1, maka PT Liga Indonesia Baru harus menjalankan keputusan PSSI terkait penangguhan penggunaan pemain U-23.

Keputusan itu setelah adanya beberapa pertimbangan, yaitu tidak adanya proses seleksi pemain karena skuad Tim Nasional untuk SEA Games 2017 dan AFC U-23 Championship 2018 Qualifiers Grup H telah didaftarkan ke AFC, aspek fairnesskompetisi mengingat jumlah pemain yang diambil dari masing-masing klub tidak merata dan menjaga kualitas serta popularitas kompetisi akibat dari dipanggilnya pemain terbaik U-23 ke Tim Nasional.

Implementasi regulasi pemain U-23 di Liga 1 tersebut ditangguhkan atau tidak diberlakukan terhitung sejak pertandingan pekan ke-12 3 Juli 2017 sampai 30 Agustus 2017 atau berakhirnya SEA Games 2017, sehingga seluruh klub diperbolehkan memainkan seluruh pemain yang didaftarkan.

Namun, implementasi regulasi penggunaan pemain U-23 akan berlaku kembali 1 September 2017 sampai berakhirnya kompetisi Liga 1 2017.

Daftar Pemain Persela Kontra Semen Padang

PENJAGA GAWANG

1. Choirul Huda
2. Ferdiansyah

BELAKANG

3.   Marcio Rozario
4.   Zainal Haq
5.   Aang Suparman
6.   Eki Taufiq
7.   Samsul Arifin
8.   Taufiq Kasrun
9.   Eka Ramdani
10. Kosuke Yamazaki Uchida
11. Jose Manuel Barbosa Alves
12. Agung  Pribadi
13. Juan Revi Auriqto
14. Fahmi Al Ayyubi
15. Edy Gunawan
16. Zainal Arifin

DEPAN

17. Samsul Arif
18. Ivan Carlos

(fer)