Kasatlantas: Masih Ada Toleransi hingga 7 Juli, Untuk SIM yang Jatuh Tempo Masa Berlakunya saat Cuti Lebaran

suasana antrian di kantor Satlantas Polres Jombang.(doel)

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Kasat Lantas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Perdana menghimbau kepada para pemohon perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang jatuh masa berlakunya saat cuti lebaran, agar segera memperpanjang masa berlakunya di kantor Satlantas polres Jombang.

“Bagi mereka yang mas berlaku SIMnya mati pada tanggal 23 Juni hingga 02 Juli 2017, dapat melakukan perpanjangan masa berlaku hingga 7 juli 2017, karena pada saat itu semua pelayana sedang cuti lebaran,” ungkap Inggal.(03/07/2017)

Masih menurut penjelasan Inggal, namun bagi mereka yang sudah diberikan toleransi namun tidak segera melakukan perpanjangan sesuai dengan ketentuan maka harus melakukan proses penerbitan sim baru, hal ini sesuai dengan Surat telegram Kapolri nomor STR/396/VI/2017. “mereka yang melakukan proses penertiban sim baru harus memalui proses dengan persyaratan Administrasi, Ujian serta membanyar biaya pembuatan sesuai dengan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Imbuh Inggal, bagi mereka yang ingin melakukan perpanjangan masa berlaku sim, hanya cukup melakukan tes kesehatan serta menyerahkan fotocopy E-KTP sebanyak Lima lembar dan Fotocopy atau Sim asli yang masa berlakuknya sudah habis.

Sebeumnya, Pemohon perpanjangan SIM Di kantor Satlantas Polres Jombang, membludak usai libur lebaran. Pasalnya banyak diantara mereka yang SIM-nya mati pada saat libur lebaran 2017. Para pemohon perpajangan sim memadati ruang tes kesehatan yang digunakan sebagai salah satu syarat dalam perpanjangan sim yang berada tak jauh dari kantor satlantas polres jombang di Jalan Raya Brigjen kertato Jombang. Para pemohon tersebut antri guna menjalani tes kesehatan baik pengelihatan pendengaran sebelum memproses pengajuan perpanjangan.(elo)