Sejumlah Daerah Sentra Padi Diserang Hama Wereng, Disperta Belum Tetapkan KLB

penyemprotan hama WBC yang dilakukan oleh petugas pertanian, poktan dan masyarakat

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Ratusan hektar persawahan sentar produksi padi yang hampir merata di 21 Kecamatan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, diserang hama wereng batang coklat (WBC) . Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Jombang, belum menetapkan kejadian ini menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB).

Hal ini tersebut diungkapkan oleh Hadi Purwanto selaku Kepala Disperta Kabupaten Jombang saat dihubungi via ponselnya, terkait banyaknya serangan hama WBC di sejumlah wilayah pertanian sentra padi di Jombang, masih bisa dilakukan penanganan karena yang diserang hama WBC tidak menyeluruh, masih berupa petak-petak.” Saat ini kita belum tetapkan KLB, karena wilayah yang diserang hama WBC masih berupa spot-spot, bukan hamparan secara menyeluruh,” ujar Hadi.(03/06/2017)

Lanjut Hadi, memang serangan hama WBC ini terjadi hampir diseluruh wilayah pertanian di Jombang, namun tidak melanda seluruh areal persawahan, karena ada perbedaan masa tanam yang dilakukan oleh petani.

“ Adanya perbedaan masa tanam yang dilakukan oleh petani, mengakibatkan serangan hama WBC ini tidak secara menyeluruh. Dan siang ini kami dari Disperta baru saja selesai melakukan penanganan dan pemantauan pengendalian hama WBC disejumlah wilayah pertanian di Jombang,” katanya.

Imbuh Hadi, pihak Disperta juga sudah berkordinasi dengan Pemprov untuk melakukan penanganan hama WBC, di Jombang. Langkah yang diambil Disperta yakni dengan melakukan droping obat pembasmi hama dan dilakukan penyemprotan secara serentak disejumlah area pertanian yang masih belum terserang hama WBC.

Dari data yang dihimpun kanalindonesia.com, disejumlah wilayah mulai dari kecamatan Bandar Kedungmulyo, Gudo, Ngoro, Kabuh, Plandaan, Megaluh, Mojowarno, Kesamben, Jombang, Peterongan, terserang hama WBC.(elo)