Pencak Silat Selain Ilmu Bela Diri, Budaya Seni Asli Indonesia Yang Harus Dilestarikan

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Olah Raga Pencak Silat, diberikan oleh Pelda Edi Rustandi Babinsa Jelambar kepada masyarakat lingkungan di sekitar Mako Koramil 03/GP Dim 0503/Jakarta Barat, Jalan Cenderawasih Slipi Jakarta Barat,Senin (03/07/2017)

Giat yg dilaksanakan oleh Babinsa Pelda Edi Rustandi 2 minggu sekali tersebut selain untuk berolah raga juga menciptakan rakyat terlatih dalam mental dan kesabaran serta melatih bela diri dalam menghadapi ancaman, ganguan, hambatan dan tantangan sekarang ini.

Perubahan jaman membuat Babinsa memberikan bimbingan bela diri kepada para pemuda yang berada di sekeliling Markas Koramil 03/GP juga karena animo masyarakat yang besar sekali.

Dalam hal ini, masyarakat menyatakan sikap siap membela Negara bersama TNI dalam menghadapi gangguan Nasional. Khususnya yang akan mengganggu jiwa manusia dan kedaulatan Negara Republik Indonesia.

“Selain itu olah raga bela diri ini merupakan salah satu budaya Bangsa Indonesia yang harus diwariskan dan dilestarikan ke para pemuda generasi Bangsa,” terang Edi Rustandi.

Sementara itu Danramil 03/GP Kapten Inf Jefriansen Sipayung menjelaskan agar budaya Pencak Silat selain merupakan ilmu bela diri yang sudah diakui mancanegara dan budaya asli Indonesia, Pencak Silat juga dapat melatih mental dan emosi dalam menghadapi segala ancaman tindak kejahatan.

“Kita ketahui bahwa banyaknya tindak kejahatan yang ada di sekitar kita, dengan adanya ilmu bela diri Pencak Silat maka diharapkan kita dapat mengantisipasi hal semacam itu,” tutur Jefriansen Sipayung.

“Walaupun hanya seminggu dua kali dilaksanakan namun sudah sekitar 15 orang peserta didik Pencak Silat yang ikut berlatih di Makoramil 03/GP, semoga bejalannya waktu makin bertambah,” ulas Danramil 03/GP tersebut.

“Kami berterimakasih kepada Babinsa yang telah memberikan waktu dan tempat buat kami utk berlatih,” ungkap Dika salah satu peserta didik Silat lulusan dari SLTA 16 Kemanggisan Jakarta Barat.

“Mudah-mudahan saat nanti kita dapat membawa nama baik guru kami Pelda Edi Rustandi yang juga merupakan Babinsa di wilayah kami,” lanjutnya

Beny peserta didik lainnya mengungkapkan, yang mereka suka dari Pencak Silat, yaitu lebih mengutamakan persatuan, persaudaraan, kekeluargaan dan saling menghormati sesama, serta tidak membedakan suatu perbedaan suku bangsaan dan agama. (ery ns)