TMMD Reguler Ke-99 di Kecamatan Ngebel Resmi Dibuka Kabakorwil Madiun

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Kodim 0802 Ponorogo menggelar upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) Ke 99 di Lapangan Desa/Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jatim, Selasa (04/07/2017).

Bertindak sebagai Inspektur upacara Kepala Bakorwil Madiun Drs. Supriyanto, Komandan Upacara Danramil 0802/09 Balong Kapten Inf Sakat, Perwira Upacara Pasi Pers Kodim 0802/Ponorogo Kapten CKU Iskandar.

Hadir dalam upacara pembukaan tersebut, Kabakorwil Madiun Drs. Supriyanto, Danlanud Iswahjudi yang diwakili Letkol Nur Isman, Aster Kodam V/BRW Kolonel Inf Wakhyono, Danrem 081/Dsj Kolonel Inf Piek Budyakto, Dandim Jajaran Korem 081/Dsj, Forkopimda Kabupaten Ponorogo, Wadan Paskhas Mayor Pas Habib Yuwono Prasetya, Toga, Toda dan Tomas serta kepala desa se Kecamatan Ngebel. Adapun pasukan terdiri TNI, Polri, Linmas, Satpol PP kabupaten Ponorogo, Pramuka serta Siswa SMA/SMK di Kecamatan Ngebel.

Diinformasikan dalam kegiatan TMMD kali ini berbeda dengan tahun anggaran 2016 lalu. Kalau tahun lalu sifatnya perimbangan kegiatan, sedangkan tahun ini bersifat reguler dan terstruktur dengan beberapa kegiatan.

TMMD tahun 2017 yang mengambil tema ‘Dengan Semangat Kemanunggalan, Kita Tingkatkan Sinergitas Lintas Komponen Bangsa Guna Membangun Daerah dan Desa Untuk Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotongroyong Dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia’ selain melakukan pembangunan infrastruktur juga melakukan kegiatan sosial.

Program kerja dari TMMD di wilayah Kecamatan Ngebel selama 30 hari kedepan meliputi, pembuatan talut di Desa Sahang kurang lebih sepanjang 59 meter, pembangunan sekolah Taman Kanak-kanak (TK ) di Desa Sahang, Ngebel, pengerasan jalan dengan paving di Dukuh Ngrambing RT/RW 03/ I,II Desa Sahang, Ngebel, rencana RTLH di rumah milik Slamet Dukuh Ngrambing RT/RW 03/II Desa Sahang Ngebel, pembangunan talut di Desa Ngrambing RT 02/03 RW II Ngebel, pembuatan pos kamling di Dukuh Ngrogung, Desa Ngrogung, Ngebel serta pembangunan musholla di Dukuh Ngresik RT/RW 01/01 Desa Ngrogung Ngebel.

Sementara untuk kegiatan sosial diantarannya sunatan masal, bazar sembako dan pengobatan gratis.

Kepala Bakorwil Madiun Drs. Supriyanto saat menyampaikan sambutan Gubernur Jawa Timur Sukarwo, menjelaskan,”program TMMD ini merupakan program lintas sektoral, yang melibatkan dan memadukan berbagai unsur. Hal ini dilakukan untuk saling mendukung program mempercepat pembangunan dan akselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan wawasan kebangsaan terutama di daerah-daerah terpencil. Pemerintah provinsi Jawa Timur memberikan dukungan penuh terhadap program TMMD,”mengutip sambutan ubernur Jatim yang dibacakan Bakorwil Madiun Supriyanto.

Disebutkanya, dukungan ini diwujudkan dengan pengalokasian anggaran hibah untuk Kodam V Brawijaya dan anggaan bantuan kepada pemerintah daerah yang menjadi sasaran TMMD. Sementara untuk Ponorogo diantarannya pemberian bantuan obat-obatan hewan untuk daerah Ponorogo dan sekitarnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0802/ Ponorogo Letkol Infantri Slamet Sardjianto ditemui usai upacara pembukaan TMMD menjelaskan,”TMMD tahun 2017 ini lebih terstruktural dan terjadwal. Dimana rangkaiannya ada pembukaan dan ada penutupan. Bahkan kegiatannya selain pembangunan infrastruktur juga ada kegiatan sosial. Kegiatan tersebut sangat membantu masyrakat di kabupaten Ponorogo terutama  Kecamatan Ngebel,”terang Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letko Inf Slamet Sardjianto.(arso)