Parade Upacara Militer Dalam Peringati Hut ke 56 Kolinlamil

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) genap berusia 56 tahun. Acara puncak hari ulang tahun ke-56 Kolinlamil tahun ini, diperingati dalam sebuah parade upacara militer, sebagai inspektur upacara langsung oleh Panglima Kolinlamil Laksamana Muda TNI Agung Prasetiawan, M.AP., di lapangan apel Dermaga Kolinlamil Jakarta Utara, Rabu (05/07/2017).

Pada upacara tersebut juga dihadiri oleh para mantan Panglima Kolinlamil. Sebagai acara tambahan usai pelaksanaan upacara militer, ditampilkan parade Defile para prajurit Kolinlamil, penyerahan penghargaan untuk KRI dan tamtama teladan, serta penyerahan cinderamata untuk para mantan Pangkolinlamil.

Menjelang peringatan hari jadinya, Kolinlamil menggelar berbagai kegiatan untuk menyemarakkan peringatan hari ulang tahunnya, diantaranya bakti kesehatan untuk masyarakat, seperti fogging di Perumahan TM AL Cilincing, Tanjung Priok dan Sunter, donor darah, penyuluhan kesehatan, sarasehan, lomba pemilihan KRI dan Tamtama Teladan, lomba Ton Prajurit Tangkas, bersih-bersih Danau Sunter, lomba musik akustik dan bazar murah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah serta mudik bersama BNI.

Disampaikan oleh Panglima kolinlamil Peringatan hari ulang tahun ke-56 kolinlamil ini merupakan ungkapan rasa syukur, serta menjadi momentum introspeksi dan evaluasi untuk meningkatkan kinerja. dalam pengabdiannya, kolinlamil sebagai kotama operasi telah menyelenggarakan operasi
angkutan laut  TNI dengan baik. sedangkan sebagai kotama pembinaan, kolinlamil telah membina kemampuan sistem dan kesiapan operasional angkutan laut militer, serta potensi angkutan laut nasional guna kepentingan pertahanan dan keamanan yang dapat diandalkan.

Fokus pemerintahan saat ini adalah membangun indonesia sebagai poros maritim dunia. Hal ini merupakan kesempatan bagi kolinlamil untuk meningkatkan perannya, terutama dalam membangun budaya maritim dan meningkatkan konektivitas
maritim. sebagai salah satu implementasinya, kolinlamil melaksanakan gelar operasi untuk mendukung pergeseran personel dalam rangka evakuasi pengungsi dan angkutan lebaran, serta pergeseran logistik dalam rangka pemerataan pembangunan.

Di samping itu, saat ini beberapa unsur  KRI jajaran kolinlamil sedang
melaksanakan tugas penting, yaitu KRI  teluk ratai mendukung serpas dalam rangka latihan raider 2016, KRI Teluk Bone 511 melaksanakan serpas pengamanan perbatasan RI-RDTL, serta KRI Banjarmasin 592 mendukung serpas pengamanan perbatasan RI-PNG. Hal ini menjadi kebanggaan kita bersama khususnya bagi panglima beserta jajaran kolinlamil yang telah menyiapkan unsurnya dengan maksimal.

Keberhasilan pelaksanaan tugas, merupakan hasil dari proses pembinaan dan kerja keras seluruh jajaran Kolinlamil. Hal tersebut sekaligus menunjukkan profesionalisme dan sinergitas dengan berbagai komponen bangsa. Dengan demikian tema HUT Kolinlamil kali ini, yaitu “Dengan Semangat World Class Navy Kolinlamil Siap Menumbuhkan Jiwa Kebaharian Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.

“Tema ini sangat relevan karena mengandung keteguhan tekad untuk meningkatkan kesiapan satuan operasi dalam mendukung terwujudnya Indonesia sebagai poros Maritim Dunia,” terang Pangkolinlamil Laksda TNI Agung Prasetiawan.(ery ns).