Kasal Pimpin Upacara Peresmian KRI Kurau-856

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Pada hari ini TNI AL menerima alutsista baru asli buatqn anak bangsa, yakni Kapal Perang berjenis PC-40 yang diproduksi oleh PT. Caputra Mitra Sejati Banten, diberi nama KRI Kurau-856.

Upacara peresmian KRI Kurau-856 dan pengukuhan Mayor Laut (P) Avissema sebagai Komandan KRI yang pertama, dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, SE.,M.A.P., yang dilaksanakan di Dermaga Sunda Kelapa Batavia, Marina Ancol Jakarta Utara, Kamis (06/07/2017).

Dalam kesempatan tersebut Kasal mengungkapkan bahwa nama Kapal Perang Kurau -856 diambil dari nama sekelompok ikan berukuran sedang, hidup berkoloni dan memiliki ketangguhan berenang di laut dengan gelombang tinggi.

“Dengan dengan demikian KRI Kurau-856 dalam jalankan tugasnya dapat bermanuver dengan cepat di laut Indonenesia,” tuturnya.

KRI Kurau-856 akan bergabung dengan jajaran Armabar TNI AL dibawah Satuan Patroli (Satrol) Komando Armabar RI Kawasan Barat (Koarmabar).

Kapal tersebut memiliki mesin utama 3×1800 Hp dengan putaran mesin 2300 rmp, serta kecepatan maksimum mencapai 24 knot. Selain itu KRI Kurau-856 memiliki kecepatan jelajah sampai 18 knot dengan daya jangkau 1632 nautical mile (sekitar 3.022km). Memiliki bobot sekitar 200 ton dan kapasit bahan bakar hingga 7000 Liter.

Dalam penghujung amanatnya Kasal menekankan supaya semua Anak Buah Kapal (ABK) berbangga dan bersyukur dan dapat memelihara dan merawat dengan baik KRI Kurau-856, agar dapat beroperasi dengan baik dan optimal dalam jalankan tugas-tugas TNI Angkatan Laut setiap saat. (ery ns)