Kemenpora Mulai Gelar Pusdiklat Paskibraka 2017

Foto : Gardo

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA: Perekrutan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2017 ini berbedah dnegan tahun lalu. Untuk tahun ini Kemenpora hanya menerima 1 pasang dari setiap provinsi.

Maka sebanyak  68 orang putra dan putri berprestasi pelajar SLTA perwakilan dari 34 propinsi siap digembleng oleh kemenpora untuk menjadi  petugas penaikan dan penurunan Pusaka pada pelaksanaan HUT ke-72 memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Pemusatan pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) nasional  dilaksanakan  pada 25 Juli -25 Agustus 2017, di PPPON, Jalan Jambore Raya No. 1 Cibubur Jakarta Timur.

“Untuk tahun ini Kemenpora tidak lagi menyeleksi, tapi kita langsung mendapatakan  1 pasang setiap provinsi. Jadi 68 orang yang  terbaik akan kita ikutkan dalam Pusdiklat dari 34 provinsi,” kata Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Kemenpora, Jonni Mardizal kepada wartawan di Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Para peserta harus  memenuhi persyaratan menjadi anggota Paskibraka.  Meski begitu, tetap harus melalui ketentuan, diantaranya harus WNI, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, tinggi dan berat badan ideal, saat seleksi ditingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi, peserta masih duduk di kelaas X, dan pada waktu penugasan duduk di kelas XI SLTA atau sejajar.

“Pengurangan jumlah peserta yang diikirim dari daerah dari sebelumnya empat orang menjadi dua orang. Hal ini karena adanya perubahan Permenpora No. 0065 Tahun 2015. Jadinya tahun ini seleksi di pusat ditiadakan dan sepenuhnya diserahkn ke Provinsi. Masing-masing provinsi mengirimkan satu pasang calon Paskibraka yang terdiri dari putra dan putri,” ucap  Jonni.

Proses Pudiklat sendiri akan dilaksanakan pad 25 Juli hingga 17 Agustus di PPPON, dan materi pelatihan akan diberikan oleh tim dari Garnisum Tetap I/Jakarta disesuaikan kebutuhan petugas Paskibraka.

“Seluruh peserta tetap dalam pantauan hingga akhirnya dikukuhkan sebagai peserta Paskibraka oleh Presiden Joko Widodo dalam upacara resmi di Istana Negara,”  kata Jonni. (gardo)