Warga Bebekan, Keluhkan Pembangunan Ipal RS Siti Khadijah

bangunan ipal lama milik Rumah Sakit Siti Khadijah

KANALINDONESIA.COM, SIDOARJO : Puluhan warga Desa Bebekan, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, mengeluhkan pembangunan Instalasi Pembuangan Air Limbah (Ipal) di Rumah Sakit Siti Khadijah, hal ini dikarenakan pihak pengelola Rumah Sakit tidak melakukan sosialisasi pembangunan Ipal tersebut pada warga.

“Sebelumnya, pihak rumah sakit hanya mensosialisasikan pembangunan dinding pembatas. Ternyata, di dalamnya juga dibangun Ipal,” kata Andri (30), salah satu warga setempat, pada kanalindonesia.com.(06/07/2017)

Menurut Andri, pembangunan Ipal RS Siti Khadijah mengganggu aktifitas warga. Ia meminta pihak RS menghentikan aktifitasnya sebelum ada kesepakatan bersama warga.”Kami tahunya (red: ada pembangunan Ipal) saat ada truk pengangkut barang masuk ke dalam rumah sakit. Setelah kami cek, ternyata sedang dibangun Ipal. Kami minta rumah sakit menghentikan pembangunan tersebut, sementara waktu,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan, Ninik (54) yang tempat tinggal berdekatan dengan rumah sakit, pihaknya mengaku merasa terganggu dan was-was. “Ada air yang tiba-tiba keluar di depan rumah. Saya khawatirnya nanti terjadi kebocoran. Kasihan anak cucu saya nantinya,” katanya.

Imbuh Ninik, meski pihak pengelola RS Siti Khadijah pernah meminta izin warga sebelumnya. Namun, izin tersebut hanya untuk membangun pagar bukan Ipal. Selain itu, warga hingga kini belum mendapatkan kompensasi apa pun dari pihak rumah sakit.(msd1/elo)