16 Mobdin DPRD Pacitan Akan Ditarik Pemkab, Diganti Uang Transpotasi

Istimewa
Istimewa

KANALINDONESIA.COM, PACITAN: Sebanyak 16 mobil dinas yang saat ini digunakan oleh anggota DPRD Kabupaten Pacitan akan ditarik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan.

Penarikan itu dilakukan paling lambat 2 September 2017 nanti. Hal itu diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD.

Hariyo Jumanto, Sekretaris Dewan( Sekwan) DPRD Pacitan, mengatakan,” terkait ditariknya 16 unit mobil dinas DPRD, itu sudah diatur dalam PP 18/2017 disebutkan, pemerintah daerah tidak perlu lagi meminjamkan mobil dinas yang selama ini dipakai anggota DPRD. Adapun pada Pasal 17 PP 18/2017 tersebut akan dijelaskan besaran tunjangan transportasi yang dibayarkan harus sesuai dengan standar satuan harga sewa di wilayah Pacitan dan akan diatur oleh peraturan Bupati,” kata Hariyo Jumanto.

Ditambahkanya,”begitu juga dengan tunjangan-tunjangan lainnya, nanti akan diatur di dalamnya Perbup,” jelasnya,Kamis (06/07/2017).

Dikatakan Hariyo Jumanto, di daerah kota lain mungkin sudah dalam pembahasan dan itu harus dilaksanakan karena sudah diatur dalam perundang-undangan,” untuk pembahasan pengantian uang transpotasi mobil dinas tersebut, akan dibahas pada awal bulan Agustus nanti bersama pemerintah daerah Kabupaten Pacitan dan bagian hukum dan diharapkan pengantian uang transpotasi segera terealisasi sebelum batas waktu penarikan,”tambahnya.

Lebih lanjut dikatakanya,”sedangkan untuk penarikan mobil dinas itu akhir batas waktu tiga bulan dari peraturan PP 18/2017 sejak diterbitkan pada tanggal 2 Juni 2017, jadi paling lambat pada tanggal 2 September 2017 mobil dinas sudah ditarik semua ke Pemda, terkecuali mobil dinas ketua DPRD,” pungkasnya. (Bc)