Diduga Lupa Matikan Obat Nyamuk, Separuh Rumah Warga Ponorogo Terbakar

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Kebakaran melanda rumah milik Nunik (65) warga Dukuh Ngimo, Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Jatim, Jumat(07/07/2017) sekira pukul 03.30 WIB.

Kebakaran bermula sekira pukul 02.00 WIB seperti biasa keseharian korban bangun tidur, langsung menuju dapur memasak untuk persiapan berjualan di pasar sawoo.

Disaat sebelum tidur korban menyalakan obat nyamuk yang ditaruh dibawah tempat tidur yang ada spreinya.

Ketika bangun korban lupa tidak memadamkan obat nyamuk yang ujungnya menyentuh dan membakar sprei yang menjulur kebawah dan merambat membakar kasur. 

Api terus membesar dan membakar separo rumah korban yang dindingnya terbuat dari kayu, anyaman bambu dan triplek.

Saat korban sedang memasak nasi didapur mencium bau asap dan melihat kobaran api dari kamar korban dan langsung memanggil anaknya yang tidur di sebelah kamar korban untuk segera keluar sembari berteriak minta tolong.

Mendengar teriakan korban rersebut, tetangga sekitar berdatangan untuk membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Tak berselang lama sejumlah warga sekitar berhasil menjinakan si jago merah, namun hampir separuh rumah hangus terbakar.

Dalam kejadian kebakaran tersebut, korban(Nunik) mengalami luka bakar ringan di bagian lengan kanan dan pipi sebelah kanan karena kejatuhan api saat berusaha ikut membantu memadamkan api.

Dari pendataan sementara korban mengalami kerugian matrial kurang lebih sebesar Rp 8 juta.

“Dugaan sementara, penyebab kebakaran berasal dari obat nyamuk yang lupa belum dimatikan dan menyulut sprei di kamar tidur korban. Api kemudian merembet membakar kasur dan semakin besar hingga membakar hampir separuh bangunan rumah korban yang dindingnya berbahan dari kayu dan anyaman bambu,”ucap Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Sudarmadi.(*)