Sea Games Kualalumpur, Berkuda Siap Lampaui Target

KANALINDONESIA.COM, BALARAJA: Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) memberikan target 1 emas untuk cabang olahraga berkuda pada SEA Games Kuala Lumpur, Malaysia, 19-31 Agustus 2017 mendatang. Namun, Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) akan mencoba melebihi target yang diberikan dengan mengulang prestasi meraih 2 emas di SEA Games Singapura 2015.

“Prima hanya menargetkan 1 emas. Mudah-mudahan, kami bisa melebihi target tersebut paling tidak menyamai pencapaian 2 emas pada SEA Games Singapura 2015,” kata Ketua Umum PP Pordasi, Edi Sadak di sela sela kunjungan Chief de Mission (CDM) SEA Games 2017, Aziz Syamsuddin di APM Equestrian Training Camp Balaraja ,Tangerang, Jumat (7/7/2017).

Menurut Edi Sadak, kedua emas tersebut diharapkan dapat diraih dari nomor perorangan tunggang serasi (dressage) dan Lompat rintangan (show jumping).

“Di Kuala Lumpur nanti kan ada 4 emas yang diperebutkan di dressage dan show jumping (perorangan dan beregu),” katanya.

Manajer Tim Berkuda, Fatchul Anas menjelaskan, PP Pordasi telah mempersiapkan 9 atlit dan dari 9 atlet yang bakal tampil pada SEA Games Malaysia 2017. Dari jumlah tersebut akan diseleksi menjadi 8 atlet.

“Kita akan tetapkan 4 atlet di nomor dressage dan 4 atlet di show jumping senagai Tim Inti,” kata Fatchul Anas.

Salah satu atlet berkuda, Fery Wahyu Hadianto optimis mengulangi pencapaiannya di tiga penyelenggaraan SEA Games sebelumnya yang sukses meraih emas.

“Saya optimis bisa mengulangi sukses meraih emas di nomor show jumping ,” kata Fery Wahyu Hadianto.

Selain itu, Fery juga menyatakan peluang untuk merebut medali emas di nomor beregu cukup terbuka dengan kehadiran rider utama, Ady Katompo memperkuat tim.

“Hadirnya Ady Katompo akan menambah peluang merebut emas beregu,” katanya.

Sementara itu, Aziz Syamsudin sangat antusias melihat kesiapan tim berkuda Indonesia yang melakukan training camp di AMP Equestrian.

“Olahraga berkuda ini tergolong mahal karena bukan hanya kebutuhan atlet saja yang diperhatikan tetapi juga kudanya. Makanya, butuh perhatian ekstra. Mudah-mudahan 2 emas yang dicanangkan bisa terwujud,” kata Azis yang didampingi Sekretaris Kontingen Arsyad Ahmadin. (gardo)