Dituding Terima Uang Pengamanan Proyek, PWI Jombang Lapor Polisi

pengurus PWI beserta kuasa hukum saat laporkan pemilik akun FB Atilla ke Polres Jombang.(doel)

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Dituduh menerima uang jatah pengamanan proyek sebesar 700 juta, oleh Atilla Sang Petualang melaui akun Facebooknya, pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jombang  melaporkan pemilik akun facebook (FB) ke Polres setempat, pada Jumat 7 Juli 2017 kemarin.

Mereka melaporkan postingan Attila yang menuding PWI Jombang menjadi backing dari dinas untuk distribusi proyek penunjukan langsung (PL) dengan menerima jatah uang pengamanan Rp 700 juta. Status tersebut diunggah oleh Attila pada Rabu (5/7/2017).

Didampingi Lilik Yulianto dan Beni Hendro Yulianto selaku kuasa hukum, pengurus PWI mendatangi Polres Jombang sekitar pukul 10.30 WIB. Mereka membawa sejumlah berkas sebagai bukti dan bahan laporan ke pihak yang berwajib.

Plt Ketua PWI Jombang Sutono Abdilla menjelaskan, bahwa pihaknya sudah melakukan rapat dan kajian terhadap postingan netizen tersebut. Dari hasi kordinasi rapat penguruss, PWI Jombang secara resmi melaporkan akun itu dengan kasus pencemaran nama baik lembaga sesuai pasal 27 ayat (3) jo pasal 45 ayat (3) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). “Hari ini kita laporkan ke polisi. Dengan begitu, kasus tersebut dalam penanganan Satreskrim Polres Jombang untuk ditelusuri. Print out postingan warganet atau netizen itu dan beberapa berkas sudah kami serahkan ke penyidik Satreskrim Polres Jombang. kami tinggal menunggu proses penyelidikan selanjutnya,” katanya.(08/07/2017)

Sutono menegaskan, ia tidak ingin organisasinya dipermainkan dengan dituduh menerima aliran dana proyek yang nilainya ratusan juta rupiah tanpa dasar yang bisa dipertanggungjawabkan.

Lanjut Sutono, PWI tidak seperti yang dituduhkan netizen. Karena sebagai lembaga profesi, PWI memiliki peraturan organisasi dan kode etik jurnalistik yang wajib dijunjung tinggi.

Iptu Sujadi selaku KBO Satreskrim Polres Jombang mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan dugaan pencemaran nama baik tersebut. Bahkan, polisi akan segera melakukan pemeriksaan terkait laporan dari PWI. “Kami sudah menjadwalkan pemeriksaan saksi pelapor akan dilaksanakan Senin (10/7/2017) besok,” tukasnya.

Dari pantauan kanalindonesia.com, nampaknya dari pelaporan yang dilakukan oleh pengurus PWI ke Polres Jombang, pihak pemilik akun FB atas nama Atilla Sang Petualang menonaktifkan akunnya.(elo)