Banyak PNS Antar Sekolah, Terjadi Penumpukan Pencari KTP di Dukcapil Ponorogo

Antrian pencari KTP dan KK di kantor Dukcapil Ponorogo ( foto : wad_kanalindonesia.com)
Antrian pencari KTP dan KK di kantor Dukcapil Ponorogo ( foto : wad_kanalindonesia.com)
KANALINDONESIA.COM : Antrian panjang pembuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) terlihat di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Ponorogo, Jawa Timur, Senin (18/07/2016).
Bahkan pembuat KTP harus mengantri hingga lebih dari dua jam untuk bisa dilayani petugas.
Tak hanya diluar, antrian panjang juga terjadi didalam kantor. Bahkan beberapa diantarannya terlibat saling dorong karena tak sabar untuk dilayani.

Sementara pihak Dukcapil mengaku antrian panjang ini disebabkan karena sejumlah petugas pelayanan di kantor Dukcapil mengantar anak mereka mengikuti kegiatan MOS hari pertama masuk sekolah.
Sesuai dengan surat himbauan dan dispensasi Mendiknas jika orang tua diperbolehkan mengantar anak mereka dihari pertama masuk sekolah.

“Mau bikin KTP udah antri dua jam, katanya banyak pegawai yang ngantar anak kesekolah, MOS hari pertama itu mas.Jelas terganggu mas, antri lama dari tadi nggak segera terlayani,”ucap Isman salah satu pencari KTP.

Sementara itu, Setyo Budiono, Kasubag Humas Pemkab Ponorogo ditanya tentang penyebab terjadinya penumpukan antrian pencari KTP di kantor Dukcapil ini mengatakan,”memang ada surat edaran dari Mendiknas terkait dengan orang tua/ wali murid untuk mengantarkan anak, ini mungkin salah satu diantaranya, jadi beberapa petugas yang mengantarkan anak kesekolah, namun demikian untuk pelayanan di Dukcapil tetap kita laksanakan, tapi mundur hanya sekitar satu jam. Jadi kemungkinan ada beberapa petugas yang mengantarkan anaknya ke sekolah,”ucap Setyo Budiono kepada kanalindonesia.com.

Meski terjadi penumpukan dan antrian panjang, pihak Dukcapil sendiri menjamin bahwa seluruh pembuat KTP dan KK akan terlayani semua pada hari ini.

(wad)