Sunan Jogo Belo Pejuang Islam Yang Terlupakan

KANALINDONESIA.COM, TUBAN; Selain terkenal dengan julukan seribu gua, Tuban juga dikenal dengan kota seribu wali yang tersebar di tlatah kota tanah merah ini.

Seperti Sunan jogo belo yang makamnya terletak di pemakaman umum kelurahan sukolilo kecamatan Tuban atau timur pertigaan manunggal utara.

Kisah yang beredar di masyarakat Tuban sunan jogo atau syeh Mahmud bin Sholeh itu diyakini sebagai sunan yang mengajarkan tentang tata cara pernikahan secara syari’ah islam, yang pada saat itu pernikahan masih mengunakan adat leluhurnya. Dengan ajaran itu, sunan jogo belo lebih dikenal sebagai penghulu (naib) untuk menikahkan masyarakat dengan tata cara islam.

Menyebut nama sunan jogo belo memang makamnya tidak banyak dikenal masyarakat luas bahkan peziarah pun tidak seramai wali lainnya seperti sunan bonang, walaupun makam sunan jogo belo terletak di tepi jalan pantura Tuban – Paciran.

Dari sumber yang dikumpulkan portaltuban, sunan jogo belo ada sebelum ajaran agama islam belum begitu dikenal di tanah jawa khususnya tlatah Tuban bahkan nilai sosial juga belum ditata dengan aturan ajaran islam.

Menurut Abu (72) warga setempat, menjelaskan Syeh Mahmud bin Sholeh waktu mengajarkan dan menikahkan masyarakat dengan tata cara islam pertama kali di bumi Tuban ini, sejak itu warga masyarakat mempercayai bahwa syeh mahmud binti Sholeh adalah penghulu.

“Waktu itu syeh Mahmud bin Sholeh dikenal sebagai penghulu, kemudian sunan jogo belo gelar yang diberikan oleh masyarakat, sehingga masyarakat mengenalnya sebagai waliallah di Tuban,” jelas Abu kala ditemui portaltuban, Minggu (09/07/2017).

Salah satu pezirah Arif (29) asal Desa Tegal Agung saat ditemui mengatakan, kedatangannya ke makam ini selain berziarah juga memberikan penghormatan kepada Sunan Jogo Belo, sebab Arif akan segera melangsungkan pernikahan. Menurut Arif, Sunan ini sudah dikenal masyarakat luas, sehingga pada saat ada pasangan yang ingin menikah terlebih dulu datang berziarah di makam ini.

“Dengan penghormatan ini saya meminta kepada Tuhan agar dalam proses pernikahan saya nanti lancar dan menjadi keluarga yang bahagia,” harapnya. (Agil/Ramdhan)