Dibangun Dengan DD, Bangunan PAUD Desa Bedahlawak Mangkrak

bangunan gedung PAUD Desa Bedahlawak yang tidak difungsikan

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Bangunan Gedung PAUD Desa Bedahlawak yang baru saja dibangun pada tahun 2016, kini kondisinya mangkrak alias tidak berfungsi. Bangunan ini di bangun dengan anggaran Dana Desa (DD) tahun anggaran 2015, seperti yang tertera pada prasasti.

“Di bangun th 2015, sumber dana DD,besarnya 100 juta pak,” kata Anang selaku Kepala Desa Bedahlawak saat dikonfirmasi kanalindonesia.com, melalui aplikasi WhatsApp (WA), pada Rabu, 12 Juli 2017.

Anang menambahkan bahwa status bangunan PAUD dan tanah yang terletak di pinggir sungai Berantas Ploso itu merupakan aset milik pemerintah Desa. Dan bangunan PAUD tersebut dibangun oleh  Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dan Tim Pengelola Kegiatan.” bangunan dan tanahnya milik desa. Dan pembangunannya dilakukan oleh LPMD dan TPK pak,” ujarnya.

Imbuh Anang, tanah yang diatasnya berdiri bangunan PAUD merupakan tanah aset Desa yang baru dibeli dengan uang hasil dari pembebasan lahan untuk jembatan Ploso. Tanah tersebut merupakan tanah yang bersertifikat hak milik, bukan petok.

prasasti PAUD yang ditutup dengan batu bata

Namun saat ditanya berapa harga tanah tersebut dibeli, oleh pemerintah Desa, dan sudahkah ada perubahan status kepemilikan, dari milik pribadi menjadi aset Desa, Kades Anang lebih memilih untuk tidak memberikan komentar terkait hal itu.

Prasasti PAUD Desa Bedahlawak

Sementara itu Darmaji, selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), saat dikonfirmasi via WhatsApp (WA), terkait bangunan PAUD Desa Bedahlawak yang kondisinya kini mangkrak dan dibangun dari anggaran DD, pihaknya menuturkan,”  Tolong dikonfirmasikan ke kades dan camat dulu mas. Suwun,” tukasnya.

Dari pantauan kanalindonesia.com, dilapangan nampak terlihat bangunan PAUD yang masih baru namun tidak berfungsi, dan prasasti yang ada di depan gedung tersebut ditutupi menggunakan batu bata.(elo)