Dukun Palsu Asal Sidoarjo, Diamankan Polisi

tersangka S(jaket merah) beserta barang bukti hasil penipuan, saat diamankan di kantor Polisi.(kar)

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Polisi menangkap seorang pria yang mengaku sebagai paranormal (red : Dukun) asal Dusun Karangbong, Desa Tebel, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo Jawa Timur. Tersangka yang bernama S (38) menipu korbannya hingga jutaan rupiah.

“Modusnya pelaku berpura-pura sebagai orang pintar atau dukun yang bisa membersihkan tumbal rumah,” kata Kasubag Humas Polres Jombang, Iptu Subadar kepada kanalindonesia.com, Jumat 14 Juli 2017.

S melakukan aksinya pada 13 Juli kemarin. Saat itu dia mendatangi korbannya Achmadi di rumahnya di Dusun Karangkletak  RT/RW 01/05, Desa Tunggorono, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.

Kepada korban, S sebelumnya memperkenalkan diri sebagai dukun yang mengaku bisa mencabut tumbal rumah dengan syarat menyediakan sejumlah persyaratan termasuk menyediakan emas murni.

” setelah melakukan ritual tidak satupun tumbal yang ada didalam rumah korban dapat dibersihkan atau dikeluarkan, ” lanjut Subadar.

Setelah diketahui korban bahwa tumbal yang ada di rumahnya tak keluar, akhirnya tersangka melarikan diri. Korban yang merasa tertipu akhirnya melaporkan kasus itu ke pihak yang berwajib. Dan selanjutnya petugas berhasil mengamankan tersangka.

Atas kejadian ini korban mengalami kerugian sebesar Rp 3.500.000,-. Tersangka dijerat dengan pasal 378 tentang penipuan dengan ancaman hukuman paling lama 4 tahun penjara.(elo)