BIAK, KANALINDONESIA.COM Kepala Adat kampung Sorido Yunus Yulius Mandibodibo melaksanakan ritual adat , pemasangan atap rumah, di lokasi TMMD ke 111 di Kampung Sorido Distrik Samofa Biak Numfor, Rabu (16/6/21).

Yunus Yulius Mandibodibo tokoh adat Kampung Sorido selaku penerima bantuan pembangunan rumah mengungkapkan, bahwa ritual ini sangat perlu dilaksanakan karena rumah ini adalah rumah adat bagi tokoh-tokoh adat, sehingga pembangunannya harus diiringi dengan acara ritual adat.

“Karena ini rumah adat bagi tokoh-tokoh adat maka kami iringi dengan acara ritual secara bertahap, tahap awal sudah dilaksanakan yaitu peletakan batu pertama pada saat mulai pembangunan, kemudian tahap kedua dilaksanakan hari ini yaitu pemasangan atap rumah”, ungkap Mandibodibo.

Menurutnya, bahwa acara ritual pemasangan atap rumah harus di hadiri oleh keluarga, kerabat yang punya hubungan darah dengan tokoh adat, karena di situ ada harapan dan doa bahwa di dalam sebuah rumah yang berkualitas akan di peroleh keluarga yang berkualitas bagi bangsa, negara dan demi kemulian Tuhan.

“Rumah adat yang di bangun ini bagi tokoh-tokoh adat ini adalah anugerah dari Tuhan melalui pemerintah, baik pemerintah pusat, provinsi maupun daerah,”ujarnya.

Perwakilan lembaga adat di pemerintah Yosep Korwa selaku Panglima adat suku Biak Numfor menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak presiden RI, Panglima TNI, Kasad, Panglima Kodam XVII/Cen, Danrem 173/PVB dan Dandim 1708/BN serta Bupati Biak Numfor atas bantuan rumah yang diberikan kepada kepala adat yang berada Kab. Biak Numfor.

“Pada kesempatan ini saya mewakili seluruh kepala adat yang berada di Kabupaten Biak Numfor menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah, TNI , Polri dan kepada semua jajaran yang telah bersama-sama bekerja secara Maksimal, sehingga melalui Program TMMD 111 tahun 2021 para kepala adat di Kabupaten Biak Numfor diberikan bantuan perumahan,”tuturnya.

Hadir dalam Kegiatan ritual pemasangan atap rumah bapak Yunus Yulius Mandibodibo Dandim 1708/BN Letkol Inf Arif Setiyono, S.I.P., beserta staf dan Panglima Adat Kab. Biak Numfor Yulius Korwa.@wn

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here