Kandang Ayam Terbakar, Puluhan Ribu Ekor Hangus

KANALINDONESIA.COM, TUBAN; Sekitar pukul 04.30 wib, sebuah kandang ayam yang terletak di Dusun Kajangan, Desa Magersari, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Sabtu (15/7) terbakar. Atas kebakaran itu, pemilik mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Kejadian bermula saat salah diketahui penjaga kandang mendengar suara kemericik pada kandang bagian selatan. Tidak berselang lama, terlihat api membakar dinding kandang. Saat dilihat, ternyata kobaran api sudah membesar dan melahap sebagian kandang pada blok 1.

Api terus membakar kayu, papan, esbes, sekam hingga plastik membuat api cepat menyebar. Dalam waktu tidak kurang dari 30 menit api sudah melahap kandang di sisi sebelah selatan.

Angin kencang membuat api terus menjamah kandang pada blok 2. Meski pemadam terus digeber, namun api terus menyala. Sedikitnya 28 ribu ekor ayam dalam kandang ludes terbakar.

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 05.20 wib dengan 3 mobil pemadam kebakaran

“Diduga konsleting listrik mas, itu ada kabel di bagian atas kandang milik pak Wo (Kadus). Isinya ayam baru ditebar 2 hari kemaren, perkiraan umur 3 Minggu. 28 ribu ayam, ” jelas Suhadi (45), warga setempat.

Sementara itu, salah satu petugas pemadam, Slamet membenarkan bahwa api begitu cepat membakar kandang ayam lantaran angin kencang yang berada ditengah sawah. Beruntung, 2 blok di sisi lain tidak ikut terbakar.

“2 kandang yang terbakar, yang kandang lain sisanya aman. Api memang cepat karena bahan material mudah terbakar,” ungkapnya. (fer)