PDIP Dukung Penuh Hak Angket Untuk KPK

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN: Dalam acara Kosolidasi DPC PDIP Kabupaten Lamongan dalam persiapan pilgub jatim 2018, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan PDIP mendukung hak angket bukan untuk mengurangi kewenangan Komisi Pemberantasn Korupsi (KPK), namun mendudukkan posisi KPK sebagai lembaga yang juga harus memperoleh pengawasan. 

“Kalau PDIP mendukung hak angket KPK bukan untuk mengurangi kewenangan KPK,” kata Hasto di Aula Asrama Haji Lamongan, Sabtu (15/7/2017).

Selain itu tegasnya, fungsi hak angket juga untuk melakukan pengawasan agar kekuasaan KPK dalam memberantas korupsi tidak disalah gunakan oleh oknum-oknum di dalamnya.

Ia mencontohkan dalam menetapkan tersangka KPK tidak bisa seenaknya, juga dalam memanfaatkan anggaran membutuhkan pertanggung jawaban.

“KPK juga memanfaatkan uang negara ya harus dikoreksi juga, jadi bisa saling intropeksi dan memberi contoh yag baik,” ujarnya.

Sesuai tugasnya, KPK mengusut kasus-kasus besar, juga bisa melakukan operasi tangkap tangan (OTT) sebagai usaha menimbulkan efek jera kepada pelaku korupsi.

“Selain mengusut kasus besar, KPK harus bisa OTT. Itu akan lebih Baik dan jelas menangkap pelakunya,” tegasnya. (fer)