Peduli Lingkungan Pantai, Siswa SMA Mazra’atul Ulum Tanam Mangrove

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Sebagai salah satu upaya kepedulian terhadap lingkungan pantai akan dampak abrasi, puluhan siswa SMA Mazra’atul Ulum Paciran menggelar kegiatan tanam mangrove. Kegiatan itu digelar di Pendem yang terletak di pesisir pantai, Selasa (18/7/2017).

“Kami tanam mangrove di sepanjang pesisir pantai di paciran. Ini kami lakukan karena kondisi bibir pantai di sini airnya sekarang semakin naik. Jadi di tanam mangrove biar tidak abrasi. Siswa kepada para wartawan di sela kegiatan.

Kepala sekolah SMAMU Dewi Makiyah menyebutkan ada sekitar 100 siswanya yang terlibat dalam kegiatan ini. Siswa begitu antusias dalam menanam mangrove disepanjang bibir pantai.

Mereka menggelar kegiatan menaman tanaman bakau atau mangrove itu bersama Kepala Dinas lingkungan Hidup Fahrudin, Camat Paciran Fadeli, Muspika, LSM dan Tokoh masyarakat Paciran.

Para siswa bersama pejabat Kadin lingkungan hidup dan muspika paciran menanam 4.000 pohon mangrove di kawasan pesisir pantai pendem hingga pesisir pantai Kecamatan Brondong.

“Senang, seru karena banyak teman yang ikut, sekalian sambil main-main,” ujar salah satu siswa SMAMU yang ikut serta dalam kegiatan itu.

Selain untuk menangkal abrasi di pantai yang ada di Paciran dan Brondong, siswa juga menyebutkan kegiatan itu dilakukan sebagai bentuk melestarikan ekosistem pesisir pantai.

Tak seperti kebanyakan pesisir pantai lainnya yang ditanami mangrove jenis asosiasi, mangrove jenis mayor diyakini mampu menanggulangi terjangan rob lebih baik. (fer)