Siswa Meninggal saat Senam Pagi MPLS, Komisi D DPRD Jombang akan Sidak Ke Sekolah

daftar nama Abdul Hadi salah satu peserta MPLS di Sekolah SMK PGRI 2 Jombang, yang meninggal dunia

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jombang, akan melakukan sidak ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 2, terkait meninggalnya Abdul Hadi (15) seorang siswa baru, yang meninggal dunia saat mengikuti senam pagi pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Sekolah pada Kamis 20 Juli 2017.

“ kita akan melakukan sidak ke Sekolah tersebut, dan mencari tahu apa penyebab pasti meninggalnya siswa tersebut,” kata Mulyani Puspita Dewi selaku Ketua Komis D DPRD Jombang.

Lanjut Dewi, setiap anak kondisi fisik dan kemampuan fisiknya tidak mungkin sama. Sebelumnya kami juga pernah memberi masukan kepada Disdik agar melakukan sosialisasi ke Guru dan Kepala Sekolah. “ diupayakan setiap tahun tidak ada korban atau dampak dari MPLS yang salah,” ujar Politisi asal Partai Demokrat tersebut.

Masih menurut Dewi, mengaplikasikn MPLS, itu tidak harus dengan cara menghukum anak-anak atau memberikan kegiatan yang bersifat, menguras tenaga fisik tapi MPLS haruslah lebih fokus pada orientasi ta”aruf antar siswa.” Tujuan MPLS kan agar siswa bisa saling mengenal satu sama lain, dan mengenali keadaan lingkungan sekolah, beserta bangunannya. Selain itu denga sistem membangun ikatan emosional antara guru dan siswa itu lebih baik dan mengurangi resiko kejadian yang tidak diinginkan,” paparnya.

Ketika ditanya meneganai peristiwa seperti yang ada di SMK PGRI 2 Jombang tersebut, pihaknya mengatakan, Imbuh Dewi, kalau  sampai terjada hal-hal yaag tidak diinginkan karena salah mengorentasikn MPLS maka yang haraus bertanggung jawab adalah kepala sekolah.

Hingga berita ini diunggah pihak sekolahan belum memberikan secara resmi, bahkan awak media yang ingin mengkonfirmasi kejadian ini, seakan-akan dipersulit oleh pihak sekolah.“Nanti aja ke Kepala sekolah atau waka humas untuk keterangan resminya,” ujar salah satu guru yang ditemui disekolah.(elo)