Miris, SDN Temenggungan 1 Hanya Menerima 3 Murid Baru

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Dua sekolah SD negeri itu yakni SDN Tumenggungan 1 dan SDN Sidoarjo 2, keduanya berada di wilayah Kecamatan Kota Lamongan. Beberapa SDN di Lamongan juga mengalami penurunan murid baru.

Kepala Sekolah (Kasek) SDN Tumenggungan 1, Sunarno membenarkan jika tahun ini sekolahnya hanya menerima 3 murid baru. Meski hanya menerima 3 murid baru, para mereka tetap memberikan materi pembelajaran.

“Proses belajar mengajar tetap berlangsung meski hanya ada 3 murid baru,” kata Kasek Sunarno di kantornya Jalan Liras Liris, Jumat (21/7/2017).

Penyebab berkurangnya murid baru, Sunarno mengatakan hal itu karena ada kecenderungan baru orang tua mendaftarkan anak-anaknya ke SD atau MI swasta, sehingga mereka kalah bersaing.

Berkurangnya murid SD negeri ini tidak hanya terjadi di SDN Temenggungan saja. Banyak SDN lain yang juga mengalami pengurangan siswa baru. “Tahun ini, rata-rata saat ini SDN hanya menerima 20 murid saja,” ujarnya.

Meski hanya menerima tiga murid baru, proses belajar mengajar tetap berlangsung sambil menunggu kebijakan dari pemerintah. Kebijakan apa yang akan diberlakukan, Sunarno pun masih menunggu.

“Apakah akan dimerger atau diapakan, kami menunggu kebijakan pemerintah,” kata Sunarno yang juga mengaku kalau sudah melaporkan ke dinas pendidikan Lamongan,” tegasnya.

Sementara Wakil Ketua Dewan Pendidikan Lamongan, Fathurrohman mengaku sudah mengetahui kabar tersebut. Fathkur mengatakan, saat ini pihaknya mengusulkan kepada dinas pendidikan Lamongan untuk melakukan merger antar sekolah.

“Ada kekeliruan dalam tata penerimaan siswa baru, kami sedang mengkaji penyebab kekeliruan ini,” katanya. (fer)