Jaringan Budayawan Indonesia Dirikan Monumen Gembok Kejujuran

KANALINDONESIA.COM, MADIUN: Jaringan Budayawan Indonesia membuat Monumen Gembok Kejujuran di lapangan Gulun, Kelurahan Kejuron, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Kamis (20/7/2017).

Monumen yang diklaim merupakan yang pertama kali ada di Indonesia itu diresmikan secara langsung oleh Wakil Walikota Madiun,  Sugeng Rismiyanto dengan disaksikan oleh ratusan masyarakat serta Forpimda, Kepala OPD, komunitas.

“Saya sangat memberikan apresiasi terkait acara ini. Ini merupakan kegiatan yang sangat positif,” kata Wakil Walikota Madiun saat menguncikan gembok di Monumen.

Direktur Pembinaan Jaringan dan Kerjasama Antar Komisi dan Instansi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Dedi Arrahim menuturkan, kegiatan ini merupakan langkah kongkrit serta mendapat dukungan penuh dari elemen masyarakat serta pemerintah daerah.

“Ini merupakan upaya kongkrit yang didukung oleh pemerintah daerah, untuk mengaktualisasikan bagaimana membuat sebuah langkah pencegahan. Ini juga langkah untuk mengingatkan kita tentang berbuat jujur,”Jelasnya.

Informasi yang diperoleh kanalindonesia.com, pendirian Monumen Gembok Kejujuran ini didasari atas keprihatinan meningkatnya kasus korupsi di Indonesia, diharapkan dapat ditiru oleh daerah-daerah lain sebagai sarana pendidikan karakter kejujuran bagi generasi anak bangsa untuk berkomitmen bersama melakukan pencegahan tindakan korupsi dan kejahatan lainnya.(as)