Dunia Kagum Cara Indonesia Merangkul Mantan Teroris

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Menurut Menlu, perdamaian sesuatu yg harus selalu dirajut, diopeni (jawa). Dia mengatakan, dunia mengagumi Indonesia karena wajah damai dan toleransinya.

“Sejarah dunia jika kita lihat, masjid bukan hanya tempat ibadah tapi tumbuhnya ilmu pengetahuan, ini sebagai peran masjid untuk perdamaian dunia. Mari jadikan masjid ini sebagai tempat tumbuhnya pengetahuan dan sebagai upaya menjaga wajah damai indonesia, “ pungkas dia.

Sedangkan pendiri Maarif Institute Ahmad Syafi’i Ma’arif mengatakan ISIS adalah puncak dari arabisme yang salah arah, misguided arbsm. Dan orang-orang yang mengikuti itu, sebut Buya, tidak besa membedakan arabisme dan Islam yang cinta damai.

Dunia Islam di arab, lanjut dia,  sekarang berdarah darah, perang saudara, saling membunuh, yang tidak sefaham meski seagama dianggap musuh. Ini kata dia adalah rongsokan peradaban arab yang sedang kalah. “Kenapa dibawa bawa kesini, “ ujarnya.

Ali fauzi, Ali Imron adalah orang hebat yg kini diarahkan ke arah positif oleh BNPT, untuk menebarkan rahmat bagi alam semesta. Pendekatan hati oleh Kepala BNPT ini luar biasa. Sehingga yang menerima juga hati, “ imbuh dia.

Sementara Bupati Fadeli mengatakan Lamongan yang lumbung pangannya Jatim dan nasional, saat ini sedang fokus di bidang pertanian untuk mengingkatkan kesejahteraan.

Karena menurut dia, salah satu faktor yang menimbulkan radikalisme adalah persoalan ekonomi.

“Karena itu saya ingin terus dorong pertanian untuk tingkatkan kesejahteraan, “ kata dia.

Program di Tenggulun sebagaimana disebutkan Direktur Perlindungan BNPT Brigjen Pol Herwan Chaidir, meliputi pemindahan 14 makam di kompleks masjid, lokal belajar 4 kelas untuk TPA, pembangunan tempat wudhu wanita dan renovasi wudhu laki-laki, menara masjid, serta pengerasan halaman.

Program itu murni dari bantuan donatur, swadaya, tanpa dana APBN. Peletakan batu pertama dilaukan pada  29 maret 2017, 3 bulan kemudian seluruh fasilitas selesai. (Fer)