Tim Pora Amankan 2 TKA Asal China Tanpa Dokumen Lengkap

dua TKA China saat diperiksa tim keimigrasian ( foto : fer)

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) berhasil mengamankan dua tenaga kerja asing (TKA) yang diduga melanggar peraturan keimigrasian dan ketenagakerjaan.

Penggrebekan dilakukan sekitar pukul 08.00 pagi oleh tim pora dari Kesbangpol, Imigras Tanjung Perak Surabaya, Dinas Tenaga Kerja Lamongan, TNI dan Polisi Lamongan.

Petugas mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai keberadaan 2 warga bernama huang jianen dan xu yueke asal China tinggal di kontrakan diperumahan Graha Blok Q.

Dalam penggerebekan tersebut petugas menggeledah rumah kontrakan yang dihuni 2 TKA asal china. Petugas mengamankan 70 unit HP Vivo, dan karena tidak bisa menunjukkan surat-surat kedua TKA tersebut langsung dibawa ke kantor Kesbangpol di jalan lamongrejo.

“Kami dapat informasi dari warga kalau ada 2 warga asing tinggal di rumah kontrakan di graha. Karena menimbul kecurigaan, warga langsung lapor ke kami,” tegas Sudjito Ketua Tim Pora Lamongan.

Sudjito menambahkan, menurut pihak RT setempat 2 TKA itu sudah tinggal di rumah kontrakan selama 2 bulan dan selalu tertutup.

“Selama ini pihak RT memang sudah mencurigai kedua TKA. Kontrakkan terlihat selalu tertutup, dan setiap berpas pasan keduanya tidak pernah menyapa,” tambah Sudjito.

Kini keduanya akan dibawa ke imigrasi Surabaya untuk diperiksa. Sementara, Barang bukti berupa 70 HP Vivo diamankan ke Mapolres lamongan untuk penyelidikan lebih lanjut terkait keaslian barang tersebut.

“Sekarang 2 TKA ini akan dibawa ke Imigrasi Surabaya untuk diperiksa lebih lanjut. Jika tidak memiliki dokumen lengkap maka keduanya akan dideportasi ke negaranya. Sementara barang bukti diamankan dipolres untuk diperiksa keasliannya,” ucap Sudjito. (Fer)