Bupati Lamongan: Dorong Koperasi Dan UM Dengan Fasilitas Gratis

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Sejumlah faslitas gratis disiapkan Pemkab Lamongan untuk mendorong koperasi dan usaha mikro (UM) agar bisa terus berkembang. Harapannya, bisa turut menjadi katalis untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Fadeli saat menghadiri Peringatan Hari Jadi Koperasi Ke 70 di Halaman Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Selasa (25/7). Di sisi lain, dia juga mendorong perbankan agar terus bermitra dengan koperasi dan UM.

Disebutkan Fadeli, fasilitas gratis bagi UM yang sudah disiapkan seperti penguruan ijin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), sertifikasi halal, dan merk dagang. Sementara untuk koperasi, ada fasilitas gratis untuk pengurusan Ijin Usaha Simpan Pinjam (IUSP), dan pemeringkatan kesehatan koperasi.

Di luar itu juga ada fasilitas bantuan permodalan dari APBD senilai Rp 3 miliar.

“Koperasi di Lamongan selama ini memiliki andil dalam perekonomian masyarakat. Terlebih sejak 2011 Lamongan sudah ditetapkan sebagai bumi koperasi, “ ujarnya.

Itu kata dia, karena selain memiliki jumlah koperasi yang banyak, sebanyak 98 persen koperasi di Lamongan dalam kondisi sehat. Di Lamongan saat ini tercatat ada sebanyak 1.188 koperasi, dengan anggota mencapai lebih dari 185 ribu orang. Sementara 40 koperasi diantaranya dinilai tidak sehat.

“Masyarakat terkadang masih memilih untuk meminjam uang di luar koperasi. Padahal keuntungan yang dihasilkan koperasi, kembali lagi kepada anggota. Kalau koperasi kuat, ekonomi kita juga kuat, “ katanya menambahkan. (Fer)