Terima Kunjungan PM John Key, Pak Dhe Karwo Tetarik Impor Sapi Betina

PM John Key dan Pak Dhe Karwo ( istimewa)
PM John Key dan Pak Dhe Karwo ( istimewa)

KANALINDONESIA.COM : Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo mengaku tertarik dengan kualitas sapi asal New Zealand, sehingga Ia berniat untuk melakukan impor sapi betina New Zealand untuk dilakukan penggemukan dan pengembangbiakan (breeding).

“Saya minta sapi betinanya dibawa kesini, tidak hanya untuk penggemukan, tetapi juga breeding. Untuk Jatim ini kan tempat penggemukan dan pengembangbiakan sapi. Tapi ini masih dibahas, business to business,” tegasnya.

Nantinya jika kerjasama mengimpor sapi betina ini dijalankan, maka Jawa Timur dapat melakukan ternak sapi potong sehingga bisa memenuhi kebutuhan konsumsi daging sapi secara mandiri.

“Jadi tidak hanya untuk daging sapi saja, tapi sapi betina itu penting. Karena impor terus, kita tidak pernah cukup daging. Ada proses breeding, kita bisa mandiri di bidang daging,” tuturnya.

Rencana untuk melakukan impor sapi betina new zealand tersebut terungkap usai adanya pembicaraan saat kunjungan kenegaraan yang dilakukan Perdana Menteri (PM) Selandia Baru John Key ke Provinsi Jawa Timur.

Saat ini, kata Soekarwo, antara Jatim dan Negara Selandia Baru (New Zealand) sedang melakukan penjajakan kerjasama, khususnya di bidang pertanian dengan arti yang lebih luas.

(wen)