Tujuh Kecamatan Masuk dalam Peta Kekeringan, BPBD Jombang

ilustrasi

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Badan penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang mencatat ada tujuh kecamatan yang masuk dalam peta kekeringan di Kabupaten Jombang. Namun hingga saat ini belum ada daerah yang mengalami kekeringan.

Tujuh kecamatan yang diperkirakan akan mengalami kekeringan selama musim kemarau yang saat ini terjadi. Tujuh Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Ngusikan, Kecamatan Kudu, Kecamatan Plandaan, Kecamatan Bareng, Kecamatan Kabuh, Kecamatan Megaluh serta Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

“Setiap tahun peta kekeringan di Kabupaten Jombang selalu berubah dan tidak tetap, karena di beberapa daerah yang biasa mengalami kekeringan sudah ada pipanisasi dan pengeboran. Seperti yang ada di Kecamatan Bareng dan Ngusikan,” kata Gunadi selaku Kasi Penanggulangan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang, Rabu 26 Juli 2017.

Gunadi menjelaskan, BPBD akan melakukan pendataan dengan terjun langsung ke daerah – daerah yang diperkirakan akan dilanda kekeringan saat musim kemarau tiba. “Hal ini dilakukan guna mengetahui langsung bagaimana kondisi sebernarnya dilapangan dan tindakan apa yang harus dilakukan oleh BPBD,” tegasnya.

Selain itu Gunadi juga menghimbau kepada kepala desa yanh wilayahnya masuk dalam peta kekeringan Kabupaten Jombang, untuk membuat surat permohonan permintaan air bersih kepada BPBD jika memang diwilayahnya terjadi kekeringan. “BPBD tidak bisa memgirimkan bantuan air bersih jika tidak ada surat tersebut,” tungkasnya.(elo)