OSIS Dimanfaatkan SMPN Kota Kediri Buat Pungli

salah satu bukti pembayaran di salah satu SMP negeri
salah satu bukti pembayaran di salah satu SMP negeri

KANALINDONESIA .COM ; Sekolah gratis dikota Kediri sepertinya jauh dari panggang dan sulit dilaksanakan oleh Pemkot Kediri, Pasalnya tarikan iuran dari sekolah masih diberlakukan dan pihak sekolahan memanfaatkan pengurus OSIS untuk menarik iuran dengan membubuhkan stempel OSIS dan tak menyebutkan sekolahan .

Seperti Yang dikeluhkan salah satu Wali Murid warga Kelurahan Burengan, Kota Kediri yang mengatakan, jika saat melakukan daftar ulang anaknya di salah satu SMP Negeri Kota Kediri dirinya masih membayar Rp.129.500,-.

“Yang bayar anak saya karena pihak sekolahan menyuruh murid yang membayar ke sekolah, “kata Mariani, saat ditemui dirumahnya, Kamis (21/07/2016).

Lebih lanjut Mariani mengatakan, “pihak sekolahan tak mengeluarkan kwitansi entah apa sebabnya, karena saat anak saya pulang sekolah dan saya minta bukti pembayaran dan saya cek tidak ada logo Pemkot Kediri dan logo sekolahan anak saya, padahal dibeberapa media Walikota sudah mengatakan kalau daftar ulang gratis,” kata Mariani yang bekerja menjadi penjual nasi.

Mariani juga menanyakan kalau memang uang tersebut dibuat membeli seragam olah raga dan dasi,”kan bisa diambilkan dari dana BOS kami tidak mempermasalahkan besaran nilai uangnya namun dari pemerintah kan sudah disiapkan dana pendidikan, kenapa masih ditarik, selama ini uang BOS nya dibuat apa kok masih ditarik, “ucap Mariani.

Terpisah,Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Siswanto, saat dikonfirmasikan melalui sambungan telepon selulernya nampak tidak aktif.

Sementara sumber dari Dinas Pendidikan mengatakan, jika trik sekolahan saat ini seperti itu tak berani keluarkan edaran dan kwitansi, “pihak sekolahan saat ini tak berani mengeluarkan kwitansi maupun edaran pada wali murid, mungkin mereka takut, ” ungkap nara sumber Dinas Pendidikan Kota Kediri yang meminta tak disebutkan identitasnya.

Diperkirakan, saat ini hampir semua SMP negeri Kota Kediri masih menarik iuran dengan alasan membeli seragam sekolah olah raga dan lain-lainnya.

Gendut Marmoyo