Hendak Cari Kayu Bakar Malah Temukan Sisa-sisa Kerangka Manusia

sisa-sisa tengkorak Suparjan dibawa ke rumah usai ditemukan di Hutan Asem Grandal Dusun Sempol Desa Plabuhan Kecamatan Plandaan

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Munari (53), warga Desa Kampungbaru, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang Jawa Timur, menemukan kerangka manusia, saat hendak mencari kayu bakar. Belakangan tengkorak yang ditemukan di Hutan Asem Grandal, Dusun Sempol, Desa Plabuhan, Kecamatan Plandaan ini merupakan Suparjan (71) yang menghilang sejak 8 bulan silam.

“Tengkorak yang ditemukan diyakini oleh pihak kelurga merupakan Suparjan asal Dusun Pelabuhan, Desa Plabuhan yang menghilang sejak 8 bulan tepatnya pada 19 November 2016,” kata Iptu Subadar selaku, Kepala Sub Bagian Humas Polres Jombang kepada wartawan, Rabu 26 Juli 2017.

Lanjut Subadar, setelah saksi menemukan tengkorak manusia di dalam Hutan Asem Grandal, dirinya langsung menghubungi Basuki, salah satu kerabat Suparjan yang kebetulan dikenalnya. Kemudian Basuki dengan mengajak beberapa anggota keluarga lainnya bersama-sama ke tempat kejadian perkara (TKP) penemuan tengkorak.

“Meski sudah dalam bentuk tulang belulang, pihak keluarga masih mengenali ciri-ciri pakaian serta sabit yang dipakai Suparjan saat meninggalkan rumah,” ujar Subadar.

Imbuh Subadar selanjutnya, pihak keluarga membawa tengkorak ke rumah. “Pihak keluarga sangat meyakini dengan membuat surat pernyataan bermaterai dengan ditandatangani Kepala Desa Aminatus Solikah jika tengkorak adalah Suparjan. Pihak keluarga juga menghendaki untuk segera dikuburkan tanpa proses hukum lebih lanjut,” tukasnya.

Hal senada juga diungkapkan Kapolsek Plandaan AKP Gatot Sudiyoto. Menurutnya pihak keluarga mengikhlaskan kematian korban. Terlebih selama ini korban hidup sebatang kara.

“Pihak keluarga juga mengatakan selama ini korban memiliki riwayat hidup sakit perut. Setelah ditemukan ini keluarga memilih segera memakamkan kerangka, keluarganya tersebut, pada Selasa (25/7) malam,” pungkasnya.(elo)