Kopi Tanah Memberi Warna Bagi Penikmat Kopi

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Kedai kopi dibangun dengan motivasi yang berbeda-beda. Para pemilik bisnis kedai kopi membangun kedai kopinya sebagai lahan bisnis, ada juga sebagai hobi meski tak jarang sebagai passion yang membuat cita rasa untuk pecinta kopu.

Untuk penikmat kopi, fungsi kedai kopi adalah sebagai tempat penyalur penikmat kopi. Dimana kita bisa menikmati secangkir dengan rasa kopi nikmat.

Seperti Kedai Kopi milik GP Ansor PAC Karanggeneng, Lamongan yang memiliki kedai kopi dan diberi nama KEDAI KOPI TANAH. Menu kedai kopi tanah tidak jauh beda dengan warung kopi di tempat lain pada umumnya, akan tetapi kesannya beda dengan kopi yang ada di kedai kopi tanah mulai dari rasa sampai fasilitas tempat, termasuk meja yg digunakan sederhana dan paling antik lagi adalah cingkir (gelas) yang dibuat tempat kopi tanah murni terbentuk seperti cobek terbuat dari tanah.

Kedai yang pengelolaannya dibangun oleh Lembaga Keuangan Mikro (LKM) PAC Ansor Karanggeneng ini merupakan usaha Kedai Kopi Tanah yang sudah mengembangkan di Kota Gresik dan Lamongan.

Menepati lokasi yang sangat strategis di tepi jalan raya Sukodadi dan Banjarwati tepatnya 100 m sebelah utara SPBU Semperat Sumberwudi Karanggeneng sehingga sangat mudah dijangkau oleh para penikmat kopi.

Sultoni Kharis (28) salah satu pengelola kedai ketika ditemui, Kamis (27/7/2017), mengatakan ide membangun kedai ini bermula dengan seringnya teman teman berkumpul di Warung Kopi sambil melakukan diskusi ringan dan dari tempat itu lahirlah ide-ide kegiatan yang berilian.

Tak bisa dielakkan lagi setelah Kedai Kopi ini berdiri, tempat ini menjadi arena pertemuan beberapa orang penting untuk membicarakan pekerjaan dan memecahkan masalah kemasyarakatan. Dia juga menambahkan bahwa berdirinya Kedai Kopi ini belum genap setahun dengan hasil yang cukup besar. (dik)