BMKG Perkirakan Wilayah di Kabupaten Jombang, Masih Diguyur Hujan

perkiraan BMKG

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Sejumlah wilayah di Kabupaten Jombang Jawa Timur akan diguyur hujan mulai dari Intensitas ringan hingga berat. Hal ini berdasarkan laporan yang diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Hampir merata di 21 kecamatan di jombang hari ini akan diguyur hujan, mulai dari intensitas gerimis hingga lebat,” kata Gunadi selaku Kasi Penanggulangan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis 27 Juli 2017.

Gunadi menjelaskan, kepastian ini berdasarkan laporan dari para aparatur disejumlah desa yang ada di kabupaten Jombang yang menyebutkan bahwa saat ini wilayah mereka masih gerimis.” Di Kecamatan Ngusikan dan Wonosalam, Gerimis terjadi sejak pukul 03.00 wib hingga saat ini masih berlangsung,” paparnya.

Ia juga menyebutkan, saat ini sesuai dengan prediksi seharusnya sudah memasuki musim kemarau hingga september mendatang. Hal ini berdasarkan laporan yang diterima dari BMKG.

Hujan yang menguyur sejumlah daerah di kabupaten jombang, membuat Badan Penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Jombang meminta kepada warga dan pengguna jalan yang melintasi kawasan pegunungan untuk waspada longsor.

“Terutama di Kecamatan Wonosalam, karena sudah pernah longsor, sehingga masyarakat hendaknya untuk tetap waspada,” tegasnya.

Gunadi menyebutkan, longsor bisa terjadi akibat tanah dilereng pegunungan atau bekas longsor yang semula kering jika diguyur hujan maka akan timbul gerakan tanah yanh bisa menyebabkan longsor.

Sebagai langkah antisipasi, Gunadi mengatakan pihaknya sudah memasang rambu-rambu peringatan rawan longsor disepajang jalan di kawasan wonosalam.”Rambu-rambu yang kita pasang yakni berupa banner himbauan kawasan rawan longsor, serta kita juga berkoordinasi dengan perhutani kabupaten jombang, karena wilayah rawan longsor tersebut masuk dalam wilayah perhutani,” pungkasnya.(elo)