Jelang Pilkada Serentak, Polres Jombang Gelar Apel Sispam Mako

Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto saat memimpin Apel dan simulasi Sispam Mako

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Jelang Pemilihan Kepala Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Kabupaten Jombang, yang dijadwalkan akan diselenggarakan serentak dengan Pemilihan Kepala Daerah di seluruh Indonesia, pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Polres Jombang telah menyiapkan rencana pengamanan hajat demokrasi tersebut, diantaranya Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam Mako). Seperti yang dilaksanakan pada hari Kamis 27 Juli 2017, pada pukul 09.30 WIB, Apel Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam Mako), telah diperagakan oleh Personel Polres Jombang.

Dalam kondisi hujan apel dan simulasi ini dipimpin langsung oleh Kapolres Jombang, Komisaris Polisi AKBP Agung Marlianto SIK, MH, diikuti oleh pa Pejabat Utama Polres Jombang, Kapolsek Jajaran Polres Jombang, Anggota Polres Jombang, serta Anggota Polsek Jajaran Polres Jombang.

“ Sispam Mako yang dilaksanakan ini, bertujuan untuk melatih kesiapan Personel Polres Jombang, dalam menghadapi eskalasi dan perkembangan situasi, yang diperkirakan akan muncul di lapangan, saat pelaksanaan pilkada serentak nantinya,” kata Iptu Subadar selaku Kasubag Humas Polres Jombang, Kamis 27 Juli 2017.

Masih menurut penjelasan Subadar, dalam apel tersebut, para personel dari semua satuan yang ada di Polres Jombang, dilatih siapa berbuat apa, dan dimana posisinya, sesuai dengan titik – titik penempatan yang sudah ditentukan. Berbagai skenario yang telah dipersiapkan, akan terus dilaksanakan, sampai menjelang Hari H pelaksanaan Pemilukada.

“ Sispam Mako ini nantinya akan disinkronkan dengan Sispam Kota. Pelaksanaan Sispam Kota ini, bersinergi dengan stakeholder terkait lainnya, bertujuan untuk pengamanan objek – objek vital dan penanganan situasi, apabila terjadi hal – hal yang diluar kendali, dengan berbagai faktor, sebagai pemicunya,” pungkas Subadar.(elo)