Warga Lamongan Gotong Royong Demi Merebut Juara LGC

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Demi memperebut kembali Piala Nasional (Adipura Kencana) dibidang Lingkungan Hidup 2017 yang akan diberikan langsung Presiden Joko Widodo,  pada 2 agustus mendatang, Pemerintah Lamongan, Jawa Timur, sudah mempersiapkan kemenangan dengan merubah Lamongan menjadi kota kecil yang asri.

Begitu pula untuk di wilayah Lamongan sendiri. Tiap tahunnya Pemkab Lamongan melombakan Program Lamongan Green and Clean (LGC) se Lamongan dengan tema Lingkungan Hidup.

Seperti terlihat, warga Desa Pengangsalan Kecamatan Kalitengah mulai membersihkan, menata, memperbaiki dan mempercantik lingkungan RT nya guna mempersiapankan diri untuk penilaian LGC.

Di Desa Pengangsalan tahun 2017 ini ada 7 RT yang mengikuti penilaian yakni RT 03/RW 02 dan RT 02/RW 03 dalam Kategori RT Maju, RT 01/RW 03 dan RT 04/RW 02 dalam kategori  RT berkembang serta 3 RT yang lain masuk dalam RT Perintis. Rencana penilaiannya akan dilaksanakan pada Sabtu (29/7/2017).

Adapun tema yang diambil dalam program LGC tahun ini adalah “Tercapainya 1000 Bank Sampah Menuju Lamongan Bebas Sampah Tahun 2020”. Seperti tahun sebelumnya kriteria penilaianya adalah bidang penghijauan, kebersihan, kesehatan, administrasi, dan bank sampah.

Untuk RT kategori berkembang seperti yang diikuti oleh 2 RT di Desa Pengangsalan kriteria penilaian difokuskan pada penataan lingkungan yang hijau dan bersih, juga harus ada bank sampah  yang sudah dibangun dan beroperasi serta adanya inovasi dan kreasi untuk pendaur ulang sampah.

“Kader Kader Lingkungan dari masing-masing RT setiap sore selalu berkumpul untuk berkoordinasi dan latihan yel yel”, kata Abdurrahman yang juga Sekretaris Desa saat memeriksa persiapan, pada (28/7/2017).

Lamongan Green and Clean (LGC) sudah beberapa tahun diadakan dan perlu diakui bahwa LGC bagi RT-RT di Desa Pengangsalan adalah Awal Pemicu Perubahan di Lingkungan. Sebagai motivasi segala persiapan yang dilakukan adalah untuk meraih kemenangan.

Sementara itu, Pemerintah Desa Pengangsalan memberi motivasi kepada masing-masing RT Untuk saling berlomba. Mereka termotivasi juga oleh prestasi Desa Butungan dan Mungli  juga tetangga desa mereka yang lebih dulu sukses dalam lomba LGC ini. (Omdik)