Fashion Carnival Daur Ulang SMK Muhammadiyah 1 Lamongan Lebih Unggul

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Dalam Carnival Green And Clean 2017 tingkat SMA/SMK se Lamongan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten beberapa waktu lalu, SMK Muhammadiyah 1 berhasil menoreh peringkat kedua membawa rancangan Fashion Carnival daur ulang karya siswa kelas XI.

SMK Muhammadiyah 1 menampilkan Melin fitrianah dengan mengenakan fashion carnival daur ulang atau barang barang bekas seperti tiker lipat, bungkus buah buahan dan sapu lidi.

Meski berbahan dasar sampah daur ulang, para model masih tampak cantik menggunakan pakaian unik hasil menyulap sampah menjadi aneka desain busana yang terlihat menarik. Para peserta dituntut kreatif memanfaatkan sampah-sampah yang bisa didaur ulang.

Selain dituntut kreatif, peserta juga dituntut bisa berjalan di catwalk bak model nasional dihadapan banyak peserta dan para juri. Alhasil, karya siswa siswi kelas XI menarik perhatian para juri. Akhirnya, Canival Fashion daur ulang mereka terpilih menjadi juara peringkat kedua.

Pastinya prestasi tersebut tak luput dari bimbingan dan kerja keras guru, serta dukungan dan motivasi Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1, Drs. H. Maghfur, M.Pd, terhadap siswanya berkreatif.

“Kami pastinya sangat senang bisa juara meskipun juara 2. Jadi kami memang memotivasi siswa untuk berinovatif disegala bidang. Termasuk berkreasi di fashion berbahan daur ulang,” kata maghfur.

Maghfur mengatakan, Busana daur ulang ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan akan pentingnya melestarikan lingkungan sekitar, dan juga merupakan aksi konkret kepada anak didiknya dalam pelestarian lingkungan untuk mengurangi penumpukkan sampah.

“Disamping dituntut berkreatif, siswa juga dituntut bisa memahami makna dan fungsi pentingnya daur ulang demi melestarikan lingkungan sekitar,” tegasnya.

Dengan adanya Carnival Green and Clean yang digelar si alun alun kota, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Lamongan berharap, orang tua dan pembimbing dari sekolah serta masyarakat umum akan lebih memahami dan lebih peduli lagi mengenai masalah sampah. (Fer)