BPPT Akan Gelar Konggres Tehnologi Nasional

BPPT
KANALINDONESIA.COM : Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan menggelar Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2016 di kantor pusat BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta, (25-27 Juli 2016) mendatang.

“Rekomendasi akan disampaikan ke Presiden, juga kementerian terkait,” kata Kepala BPPT Unggul Priyanto dalam jumpa pers di kantor BPPT, Jakarta, Jumat (22/07/2016).
Menurut Unggul Priyanto, KTN akan membahas tiga bidang, yakni energi, pangan, dan maritim. Tujuannya, menyiapkan rekomendasi teknologi untuk mendukung pengembangan industri nasional serta peningkatan daya saing.

Dikatakanya, KTN 2016, akan mencari konsep yang aplikatif untuk mengatasi berbagai persoalan yang diantaranya adalahlemahnya peran inovasi dan penguasaan teknologi di Indonesia.

Lebih lanjut dijelaskanya, soal penerapan teknologi tak bisa dilepaskan dari sistem regulasi nasional serta kemitraan dengan industri terkait. Indonesia harus siap dengan ekonomi yang berlandaskan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), bukan lagi komoditas alam.

KTN juga sebagai ajang temu dan tukar informasi antara para pengambil kebijakan dan praktisi teknologi di bidang pangan, energi, dan maritim. Nantinya, akan hadir sejumlah akademisi unggul, baik dari dalam maupun luar negeri seperti Jepang, Thailand, Prancis, Belanda, dan Cina.

Selain itu, BPPT juga mendorong pemanfaatan nuklir untuk pembangkit listrik dalam skala nasional di seluruh Indonesia. Dia menegaskan, perlunya persebaran pembangkit listrik sehingga tak terkonsentrasi di Jawa.
(val)