Perjuangan untuk mendapatkan air di Tapal Batas Negara

KANALINDONESIA.COM, NUNUKAN: Desa Tabur Lestari dan Ds. Srinanti adalah 2 Desa yang berada di Kecamatan Seimanggaris, Kab. Nunukan. Dalam kesehariannya untuk keperluan memasak, mencuci, ataupun mandi sebagian besar masyarakat hanya mengandalkan air Hujan.

Karena di Kec. Seimanggaris ini di sebagian tempatnya air Tanahnya kurang bagus dan berbau, adapun PDAM tetapi mekanisme Menajemenya masih amburadul sehingga masyarakat tidak mau, Sedangkan jika harus membeli Air Tanki, 1 mobil Tangki Harganya Rp. 150.000.

Untuk itu jika tidak turun Hujan beberapa hari saja Di Desa , masyarakat yang tidak Mampu akan mengambil air di Sumber Air yang berada di Ds. Srinanti untuk keperluan mesasak mandi dan Sebagainya. Selain itu, di tempat sumber air itu juga sering di manfaatkan masyarakat untuk mandi dan mencuci baju.

Seperti pagi ini, Karena di rumah persediaan Air menipis, Kopda Imam Anggota Satgas TMMD ke 99 Kodim/Nunukan menuju ke Sumber Air di Ds. Srinanti untuk mandi, sebelum memulai Aktifitas pagi ini.

“Sumber air ini merupakan satu satunya sumber air bersih yang berbeda di Ds. Srinanti dan Tabur Lestari, saat lama tidak turun hujan Sebagai masyarakat kesini, selain mandi dan mencuci, tidak jarang mereka membawa jerigen kemudian di isi air untuk keperluan memasak di rumah mereka” kata Kopda Imam.(*)