Mantan Anggota Dewan Kembali Ke Habitatnya

    KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Bagi pejabat yang selalu memberi manfaat dan mengabdi pada masyarakat saat menjabat, memang sudah menjadi tanggung jawabnya dan itu hal yang biasa. Tapi, bagaimana kalau jabatan itu sudah tidak lagi disandang, apa mereka masih mengabdi kepada rakyat?

    Mungkin tidak semua orang bisa melakukannya. Tapi tidak bagi Drs. Mustain, MA (51) mantan anggota DPRD Lamongan periode 2009-2014 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu tetap komitmen untuk mengabdikan diri pada masyarakat.

    Dunia pendidikan adalah dunia yang dia tekuni sejak sebelum menjabat menjadi Wakil Rakyat. Menjadi Kepala sekolah pada lingkungan Yayasan Pendidikan ternama di wilayah Kecamatan Turi dia jalani hampir 20 tahun sebelum dia mengundurkan diri karena faktor internal Yayasan. Disaat dia menjabat sebagai anggota DPRD dia pun tercatat sebagai guru yang aktif di MI Bandungsari Sukodadi tempat tinggalnya.

    “Saya sebelum ke kantor saya sempatkan ke MI dulu, kalau hari Sabtu dan Minggu saya ngajar penuh di MI karena hari libur kecuali ada kunjungan kerja,” begitu penuturannya (30/7/2017).

    Tapi kini dia mendirikan Yayasan Pendidikan Ar Rohmah, yang menaungi beberapa lembaga pendidikan formal dan non formal diantaranya TPQ, Madin dan terbaru adalah MTs Unggulan AR ROHMAH serta majelis Ta’lim yang semuanya terletak di Desa Bandungsari Sukodadi Lamongan. Semua dikelola dengan dana pribadi dan keluarganya.

    “Saya percayakan pada Allah SWT saja, kalau dipikir saya ini tidak kerja hanya mengandalkan dari hasil sawah itupun masih kurang,” ucapnya sembari guyon.

    Tidak dipungkiri beberapa teman mantan koleganya yang dulu di Dewan ada juga yang ikut membantu, mungkin memberikan jalan untuk bantuan gedung atau fasilitas yang lain.

    “Sekarang ini, saya kembali ke Habitat asli, saya tidak ingin berhenti mengabdikan hidup saya ke Masyarakat walaupun saya tidak lagi jadi pejabat. Saya ingin tetap ingin punya manfaat untuk masyarakat”, tambahnya.

    Sementara, Mustain juga masih aktif di dunia politik karena sekarang dia menjabat Sekretaris Dewan Syuro DPC PKB Lamongan. (Omdik)