Kyai Said Humaidi Pembimbing Haji Yang Pinter Momong

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Banyak Jama’ah Haji yang merasakan bagaimana bimbingan dan perhatiannya dalam melaksanakan ibadah haji. Sejak Manasik sampai berada di tanah  suci sangat perhatian terhadap jama’ahnya, apalagi kaum Lansia yang tidak bisa melupakannya.

Tidak ada rasa canggung apalagi pilih kasih terhadap jama’ahnya semuanya dianggap sama, sama-sama seperti keluarga.

KH. Said Humaidi sosok yang sering diperbincangkan kalau musim haji seperti ini  terutama bagi yang pernah berangkat haji dalam bimbingannya. Kyai Said (52) adalah sosok pembimbing haji yang hampir tiap tahun berangkat mendampingi jama’ahnya.

“Insyaallah tahun ini saya berangkat yang kesekian kalinya, semua saya lakukan dengan niat membantu para Jama’ah agar bisa lancar”, tutur beliau di rumahnya di Desa Mayong Karangbinangun saat awak media ini menemuinya (31/7/2017).

Baca:  Dua Kepala Daerah Terapkan Tekhnologi Jagung di Lamongan

Tahun ini KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) Matholi’ul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan tempat beliau bernaung akan memberangkatkan 105 Jama’ah Calon Haji yang tergabung dalam kloter (Klompok terbang) 18.

“Tahun ini tahun yang penuh tantangan karena tahun ini banyak Jama’ah yang sudah lanjut usia”, terangnya sambil tertawa.

Kyai yang suka bergurau ini juga mengatakan, kalau mendampingi Jama’ah haji itu menuntut kesabaran karena Jama’ah calon haji sifatnya berbeda-beda.

Sementara itu, Hj. Warjuning (78) yang pernah merasakan berangkat Haji bersama 6 tahun lalu dan dalam bimbingannya mengatakan,

“Kyai Said itu enjoh, jama’ah yang tua itu ya dituntun dan bahkan ada yang digendong kalau tidak kuat, makanya banyak jama’ah yang senang ikut dengan dia,” katanya.

Baca:  Alami Kecelakaan di Tol Semarang, Novelis NH Dini Meninggal

Pria yang juga menjadi tenaga pengajar di Madrasah Aliyah di desanya tersebut juga sering mendampingi jama’ah umroh jadi Mekkah dan Madinah bukan tempat yang asing baginya. (Omdik)