Akankah Kasus DAK Dengan Tersangka Yuni Widyaningsih Di SP3 ?

Suwandi Kajari Ponorogo ( foto : wad_kanalindonesia.com)
Suwandi Kajari Ponorogo ( foto : wad_kanalindonesia.com)

KANALINDONESIA.COM : Akankah tersangka ke 8 kasus pengadaan alat peraga pendidikan yang bersumber dari Dana Aalokasi Khusus (DAK) Dindik tahun 2012-2013, mantan Wakil Bupati Ponorogo Yuni Widyaningsih, diterbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) ?

Mungkin Mantan Wabup Ponorogo Yuni Widyaningsih semasa pemerintahan Bupati Amin ini sedikit bisa bernafas lega, pasalnya hingga saat ini, Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo mengaku masih belum menemukan tambahan bukti yang kuat atas keterlibatannya dalam kasus tindak pidana korupsi alat peraga pendidikan yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 2,7 miliar.

Meski 8 tersangka lainnya sudah menjalani persidangan dan di vonis bersalah terbukti melakukan tindak pidana korupsi, namun untuk tersangka Yuni Widyaningsih hingga kini berkasnya belum bisa dilimpahkan kepada jaksa penuntut umum (JPU) Kejari guna dinaikkan ke tahap dua.

Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo masih terus mengumpulkan bukti-bukti tambahan dan melakukan pendalaman.

Dari keterangan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Ponorogo Suwandi yang didampingi Kasi Pidsus Hepy Al-Habibie dan Kasi Intel Iwan Winarso, menyatakan, bilamana penyidik menemukan bukti tambahan yang bisa memperkuat untuk ditambahkan pada BAP yang sebenarnya sudah dilakukan penjilidan, maka tim penyidik akan segera melakukan pelimpahan berkas, barang bukti dan tersangka ke JPU.

“Saat ini tim penyidik masih berusaha melakukan pendalaman kasus dan mencari tambahan alat bukti untuk memperkuat, sehingga nantinya bisa dilimpahkan ke tahap dua,”ucap Kajari Ponorogo, Suwandi.

Namun jika barang bukti dan saksinnya dirasa lemah maka bisa jadi Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo akan menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) sebagaimana dua kasus yang lain yaitu dugaan kasus korupsi pengadaan bibit tanaman hutan di Dinas Pertanian dan kasus Humas Pemkab Ponorogo.

Kepala kejaksaan Negeri (Kajari) Ponorogo Suwandi menjelaskan bahwa Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo telah mengeluarkan surat SP3 pada bulan Februari 2016 lalu untuk kasus Dinas Pertanian dan kasus Humas Protokol.

Namun hingga kini Kajari mengaku belum mengeluarkan SP3 untuk kasus korupsi pengadaan alat peraga pendidikan dengan tersangka mantan Wakil Bupati Yuni Widyaningsih.

“Kami yakin kasus ini masih mungkin untuk dilanjutkan,”tegas Kajari Suwandi.

(wad)