MCW Minta Polres Bangkalan Pelototi Potongan DD Sebesar 8 Persen

dana desa ( istimewa)
dana desa ( istimewa)

KANALINDONESIA.COM ; Paska ditetapkannya JB, camat Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Jatim sebagai tersangka kasus korupsi bantuan Dana Desa (DD) beberapa waktu lalu, ketua Madura Corution Watch (MCW), Syukur minta agar Polres Bangkalan juga mempelototi 17 kecamatan lainnya di Bangkalan yang memperoleh bantuan DD.
Karena menurutnya, tidak tertutup kemungkinan kecamatan lain juga melakukan hal yang sama yakni pemotongan bantuan ADD sebesar 8 persen.

“Dengan ditetapkannya camat Tanjung Bumi sebagai tersangka. Kami minta Polres Bangkalan juga memeriksa semua camat di Bangkalan. Karena kuat dugaan pola pemotongan DD sebesar 8 persen mungkin juga dilakukan terhadap semua desa,” kata Ketua MCW, Syukur, Minggu, (24/07/2016) lewat telepun selulernya.

Permintaan Syukur agar pihak Polres Bangkalan melakukan pemeriksaan kepada semua camat di Kabupaten Bangkalan, bukan hanya sebatas usulan saja. Namun sesuai data yang dimilikinya, bahwa ada pemotongan yang tidak jelas untuk oknum tertentu dengan nominal sebesar 8% yang di potong dari bantuan DD setiap desanya.

“Minimal Polres Bangkalan memanggil semua oknum kecamatan di Bangkalan yang berkaitan dengan bantuan DD, untuk diminta keterangan. Tidak hanya itu, bila Polres Bangkalan butuh data, kami siap memberikan data yang kami miliki, guna mempermudah pengusutan kasus pungli DD Bangkalan,” paparnya.

Sementara itu, Kapolres Bangkalan, AKBP Anissullah M.Ridha, mengatakan jika ada informasi berkaitan dengan penyelewengan DD dari masyarakat yang masuk dari kecamatan lainnya di Bangkalan. Polres Bangkalan juga akan melakukan pengembangan penyelidikan ke kecamatan lainnya.

“Jika selain Kecamatan Tanjung Bumi juga ada yang melakukan pemotongan bantuan DD, maka jelas kami akan melakukan penindakan,” pungkasnya.

yans