Bupati Jombang, Gelar Kirab Piala Penghargaan Adipura Kencana dan Adiwiyata Mandiri

Bupati Jombang beserta Forpimda saat membawa piala Adipura Kencana

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Pemerintah Kabupaten Jombang menggelar kirab  piala Adipura Kencana. Dimulai dari Kecamatan Mojoagung piala Adipura Kencana dan Adiwiyata Mandiri diletakkan diatas sebuah mobil, dan diarak menuju Alon-alon Jombang, pada Kamis 3 Agustus 2017.

Acara ini diikuti oleh Bupati Jombang, Wakil Bupati Jombang beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),  hingga melibatkan sejumlah elemen dari berbagai kalangan seperti  ASN, pelajar, TNI, Polri, perangkat desa serta berbagai elemen masyarakat lainnya.

Prosesi kirab Adipura Kencana dan Adiwiyata Mandiri ini berlangsung meriah. Sebab, Adipura Kencana merupakan pencapain tertinggi untuk penghargaan Adipura, dan Adiwiyata Mandiri  juga merupakan penghargaan tertinggi untuk lingkungan di yingkat pendidikan sehingga patut untuk dirayakan bersama masyarakat.

Baca:  Hilang Selama Dua Hari, Seorang Pemuda di Sumobito Jombang Ditemukan Tak Bernyawa

Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko mengaku kesuksesan Jombang meraih gelar Adipura Kencana bukan semata-mata karena dirinya, tetapi karena kerja keras seluruh elemen masyarakat Jombang, mulai dari Jajaran Forkopimda, para Pimpinan dan Anggota DPRD, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta seluruh lembaga pendidikan yang ada di Jombang. Prestasi ini, dapat diraih karena kerjasama dan kebersamaan semua komponen dan elemen masyarakat.

“Penghargaan ini kami persembahkan untuk masyarakat Jombang, khususnya bagi para ujung tombak kebersihan lingkungan,” kata Nyono Suherli Wihandoko, pada Kamis 3 Agustus 2017.

Menurut Nyono, Adipura kali ini sangat berbeda dengan Adipura sebelumnya, karena penilaian dari pusat sangat ketat dan banyak berbagai kriteria yang harus dipenuhi untuk penilaiannya.

Baca:  Danrem 074/Wrt Pelentakan Batu Pertama Dimulainya Pembangunan TMMD Ke 108

“mulai dari anggaran yang prolingkungan, penataan dan pengelolaan sampah, penataan dan pengelolaan taman, hingga peran partisipasi masyarakat juga dinilai,” paparnya.

Lanjut Nyono, Adipura hanyalah sebuah lambang. Dan yang terpenting adalah adanya perubahan pola hidup masyarakat menuju pola hidup yang bersih dan sehat.

“Terima kasih kepada berbagai pihak yang telah bekerjasama dan mendukung serta menjaga kebersihan lingkungan di Jombang. Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan perolehan penghargaan tertinggi untuk lingkungan ini,” pungkasnya.(elo)