Bencana Tanah Longsor Terjang Bukit Jogorogo Ngawi

KANALINDONSIA.COM, NGAWI: Bencana tanah longsor terjadi dikawasan perbukitan di Dusun Pondok, Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Ngawi, sekitar pukul 08.00 WIB, Sabtu, (05/08/2017).

Dari informasi yang berhasil dihimpun, mendadak terdengar suara gemuruh dari arah perbukitan sepanjang 200 meter lebar 20 meter tepatnya di ex tanah bengkok desa setempat.

“Pas saya hendak memanen padi mendadak mendengar suara gemuruh dari bukit itu. Beberapa saat kemudian longsor terjadi membuat saya lari menyelamatkan diri,” terang Suyanto warga desa setempat.

Jelasnya, sebelum longsor tidak terjadi hujan seperti biasanya demikian juga tanda-tanda lain yang menyebabkan tanah bergerak kebawah. Hanya saja kawasan longsor memang tidak tertanam pohon keras sebagai penahan tanah melainkan dimanfaatkan sebagai area pertanian.

Akibat kejadian longsor tersebut akses jalan menuju area persawahan tertutup longsoran tanah, demikian juga saluran air irigasi dan beberapa petak sawah milik warga. Untungnya, bencana longsor itu sendiri tidak menimbulkan korban jiwa hanya saja kerugian materi ditaksir mencapai Rp 50 juta.

“Tadi siang kami sudah himbau kepada warga sekitar kejadian untuk mewaspadai jika ada longsor susulan. Jangan sampai mereka terlena terhadap kejadian serupa dan sampai sejauh ini tidak ada korban jiwa maupun terluka,” terang AKP Budi Cahyono Kapolsek Jogorogo.(dik)